Foto bersama Perwakilan Pejabat Wonogiri Kota, Warga Giriwono & Staf Prodia Area Jawa, Rabu (10/5/2024) di halaman Kantor Kelurahan Giriwono. (Bagus Sarengat)Foto bersama Perwakilan Pejabat Wonogiri Kota, Warga Giriwono & Staf Prodia Area Jawa, Rabu (10/5/2024) di halaman Kantor Kelurahan Giriwono. (Bagus Sarengat)

INFOWONOGIRI.COM-KOTA– Sebagai wujud kontribusi kepedulian kepada lingkungan khususnya di daerah revitalisasi, Prodia cabang Wonogiri menggelar kegiatan penanaman bibit pohon buah bersama masyarakat di kawasan Kelurahan Giriwono, Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (10/5/2024) di halaman Kantor Kelurahan Giriwono Wonogiri Kota.

Penanaman bibit pohon buah ini dihadiri oleh perwakilan OPD & Forkompinca Wonogiri Kota. Antara lain Dinas Lingkungan Hidup, Kecamatan Wonogiri, Eka Purwanta selaku Kapolsek Kota, Kapten Infanteri Slamet Biyanto selaku Danramil 01, Joko Puspito selaku Plt. Lurah Giriwono, Maria Diah Fibriani selaku Regional Head Central Java Region PT Prodia Widyahusada Tbk., serta sejumlah manajemen regional turut berpartisipasi.

Aksi peduli lingkungan ini merupakan salah satu kegiatan corporate social responsibility (CSR) dalam
rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Prodia sebagai bentuk komitmen Perseroan terhadap implementasi nilai Environment, Social, and Government (ESG).

Adapun, melalui program CSR Menanam Pohon Buah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat dalam menciptakan lingkungan masyarakat yang asri dan produktif. Oleh karena itu, penting bagi Perseroan agar dapat berkontribusi aktif untuk membantu meningkatkan kesadaran melindungi lingkungan serta membantu revitalisasi ekonomi daerah kepada seluruh lapisan masyarakat dan pemangku kepentingan.

Regional Head Central Java Region Prodia, Maria Diah Fibriani, mengatakan kegiatan ini terinspirasi dari salah satu nilai Falsafah Prodia yang menjadi pedoman luhur Insan Prodia di seluruh Indonesia. “Adalah memiliki semangat the Spirit of Prodia. Nilai ini menggambarkan semangat memiliki komitmen dan konsistensi dalam mencapai tujuan dan kesukesan, dengan merawat segala sesuatu yang dimiliki dan menghargai setiap proses yang dilalui. Pohon buah menjadi nilai filosofi yang
menggambarkan perjalanan 50 tahun Prodia sejak didirikan tahun 1973, hingga bisa menjadi jejaring laboratorium terbesar di Indonesia seperti saat ini.” Ujar Diah.

Sebanyak 275 bibit pohon buah alpukat aligator telah diserahkan kepada masyarakat Kelurahan Giriwono. Bibit pohon buah dikelola sepenuhnya oleh masyarakat untuk menjadi pokok pohon yang
produktif dan menjadi sumber komoditas masyarakat Kelurahan Giriwono.

Branch Manager Prodia Wonogiri, Johana Wahju Satriningtijas, mengapresiasi dan menyambut baik program CSR ini. Menurutnya, program ini akan menjadi program berkelanjutan dimana dampak positif bagi masyarakat Giriwono dan sekitar akan menjadi milestone baru bagi daerah Wonogiri untuk perkembangan ekonomi daerah.

“Biasanya penanaman dan revitalisasi lingkungan menggunakan tanaman penghijauan, tapi ini tidak berkelanjutan dalam aspek ekonomis, sehingga kami memberikan bibit pohon buah alpukat karena memiliki nilai tambah tidak hanya aspek lingkungan, tapi juga aspek sosial. Hasil panen tersebut akan memberikan penghasilan serta menambah lapangan kerja bagi masyarakat.” tambahnya.

Kegiatan penanaman bibit pohon buah ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi komunitas sesuai
dengan aspek keberlanjutan yang gencar digaungkan oleh Perseroan. Dengan sinergisme antara Insan Prodia dengan masyarakat lokal dan pemerintah setempat, Prodia optimis dapat secara berkelanjutan dan berkesinambungan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk menjaga hidup sehat dengan selalu melindungi dan menjaga kelestarian lingkunugan, agar kualitas hidup masyarakat dapat meningkat,” ujarnya.

Sumber rilis. Editor Bagus Sarengat

Tinggalkan Balasan