Emansipasi Wanita Di Indonesia Telah Berkembang Pesat

0 155

INFOWONOGIRI.COM -KOTA-Menjadi pengemudi bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) bisa dilakukan oleh dua wanita hebat ini. Adalah Lina Ozora (36) dan Jazuli (41). Keduanya adalah pengemudi PO Agra Mas.

Pada momen peringatan hari Katini Tahun 2021 ini keduanya berpenampilan khusus. Jika pada hari biasa mengenakan seragam, kali ini mereka berkebaya lengkap dengan sanggulnya. Pada kesempatan itu, mereka membagikan bunga kepada para penumpang di pool PO Agra Mas di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Wonokarto, Kecamatan Wonogiri. Aksi keduanya menyita perhatian para penumpang.

Lina Ozora warga Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri memang baru bergabung sebagai pengemudi PO Agra Mas selama 4 bulan, mantan pekerja kantoran tersebut mengaku telah mendapatkan izin dari pihak keluarga.

“Ini adalah pekerjaan dengan resiko tinggi jadi restu keluarga menjadi sebuah keharusan,” katanya.

Lina yang juga pernah menjadi pengemudi di salah satu perusahaan otobus tersebut mengaku telah terbiasa menempuh rute perjalanan jarak jauh.

“Semua yang ada di perjalanan harus dinikmati,” ungkapnya.

Perayaan Hari Kartini menurut Lina adalah harinya kaum wanita, sebagai pejuang rupiah dia harus selalu bersemangat dan tidak boleh menyerah oleh keadaan.

Sementara Jazuli warga Kabupaten Karanganyar sebelumnya adalah seorang pengemudi truk tangki.

Kehadiran pengemudi wanita tentu merupakan daya tarik tersendiri, hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Operasional PO Agra Mas wilayah Wonogiri, Susanto.

Menurutnya kehadiran seorang pengemudi wanita adalah wujud menjunjung tinggi emansipasi di era saat ini.

“Kami mempunyai dua orang pengemudi wanita yakni Lina dan Jazuli keduanya mempunyai skill yang sama dengan pengemudi pria, kedepan kami akan melakukan rekruitmen pengemudi wanita lagi,” katanya.

Dijelaskannya, pelamar mulai dari kondektur sampai pengemudi harus punya pengalaman.

“Setelah di PO Agra Mas ada pendidikan lebih lama sehingga skill semakin terasah,” lanjutnya.

Susanto menambahkan pengemudi wanita mempunyai sifat yang lebih berhati-hati ketika membawa kendaraan.

“Mungkin karena jiwa wanita lembut,” tegasnya. (Prass/redaksi)

error: Content is protected !!