Ini Biang Penyebar Info Bantuan Rp.700.000 Selama 4 Bulan

0 3.746

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Sejak beberapa hari lalu beredar pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp grup. Pesan tersebut berisi informasi tentang akan ada bantuan untuk masyarakat sebesar Rp.700 ribu setiap bulan selama empat bulan.

Syaratnya yaitu menyerahkan satu foto kopi KTP-e berwarna dan satu foto close up berwarna ukuran 4 x 6.

Bagi sebagian orang, informasi itu dianggap penting dan menarik. Karena semua orang butuh duit. Terlebih syaratnya relatif mudah. Karena itu, pesan tersebut cepat viral. Terbukti telah 300-an orang mendaftar.

Namun ada juga yang menganggap info tersebut hoax (bohong). Lantaran sumber info tidak jelas, di mana daftar? Nama lembaganya? siapa donaturnya? Kapan dan bagaimana pencairan?

Wartawan INFOWONOGIRI berhasil melacak biang sumbernya. Adalah Suwoso mantan Camat Wonogiri Kota, dan pernah menjabat kepala sekelas kantor dinas di Pemda Wonogiri.

“Saya turut bertanggung jawab atas informasi itu. Sumbernya dari keluarga kami. Itu bukan hoax. Saya menyikapi itu dengan senyum-senyum saja,” kata Suwoso.

Dikatakan donaturnya adalah PT Aliska Nusantara Jaya di Serengan Solo. Rencana bantuan akan diralisasikan bulan Januari 2021. Untuk wilayah Kabupaten Wonogiri ditarget mencari 10.000 orang.

Tujuannya adalah untuk keadilan dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Agar masyarakat tidak tergoda dan terjerat renternir.

Tujuan lain untuk menaikkan nilai rupiah di level internasional. Dan menjatuhkan nilai mata uang USD ($). “Tidak ada kaitannya dengan partai politik. Tidak ada kaitannya dengan Pilkada,” tandas Suwoso.

Program itu berskala nasional. Tidak hanya lokal Wonogiri. Bantuan itu nantinya dalam bentuk sejenis voucher seperti kartu ATM (anjungan tunai mandiri). Setiap kecamatan telah dibentuk Tim Lider. (baguss)

error: Content is protected !!