Gimana Sih? UKM Penerima Banpres Malah Disuruh Cari Nasabah 3 Orang

0 718

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Seorang perempuan berinisial Aya (37th) bukan nama sebenarnya, menjadi salah satu penerima bantuan presiden untuk program UKM di Kabupaten Wonogiri.

Namun pencairan Bansos Rp.2,4 juta itu tidak mudah. Bahkan sejak menjadi nominator penerima bantuan, beberapa pekan lalu, hingga Kamis (15/10/2020) uang belum bisa dicairkan.

Menurut Aya, prosedurnya panjang. Terkesan ribet. Menyulitkan. “Tapi maaf, kok tidak semudah yang saya pikir, pencairanya. Katanya dana bantuan bisa cair dengan syarat, cari nasabah yang mau hutang ke bank 3 orang,” kata Aya.

Setelah bertanya ke sana kemari, termasuk ke Jurnalis, akhirnya Aya menelusuri ke Bank yang ditunjuk Pemerintah Pusat. Ternyata dihalau satpam Bank. Husus untuk penerima Banpres nunggu di luar. Antrian banyak.

Aya menyiasati Satpam. Ia mengaku mau urus ATM, baru bisa menghadap CS Bank itu. Ternyata CS belum memberi solusi. Katanya dana sudah cair ke rekening penerima UKM, untuk beberapa orang. “Jawaban CS Bank, dananya masih diblokir,” tutur Aya.

Terpisah Retno, salah satu Mitra Bank Himbara, yang berkantor di Ngadirojo, tidak merespon positif, meski telah dikonfirmasi sejak Selasa lalu.

Yuyun, petugas lain, mengatakan pihaknya sebagai mitra BNI sudah mendapat list penerima Banpres dari pusat. Pihaknya koordinasi pencairan Banpres kerjasama dengan BNI.

Menurutnya penerima Banpres tidak perlu datang ke BNI. Pihak PNM langsung ketemu Penerima Banpres untuk kelengkapan dokumen. “Nantinya nasabah terima buku rekening, ATM dan pin dari kita,” kata Yuyun. Alasan lain mematuhi Protkes C19.

Kata Yuyun, Penerima Banpres harus menjadi nasabah aktif, lalu didaftarkan ke Kemenko untuk mendapatan Banpres. Data dari Kemenko akan dikirim balik ke PNM sesuai kelayakan penerima Banpres. Yuyun mengaku, PNM tidak menyaratkan Penerima Banpres diharuskan mencari nasabah tiga orang. (baguss)

error: Content is protected !!