BUMDES Kejora Penyuplai Bansos Provinsi Untuk Paranggupito

0 329

INFOWONOGIRI.COM-PARANGGUPITO-Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kejora Songbledeg Kecamatan Paranggupito menjadi penyuplai kebutuhan pangan untuk 510 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Provinsi (BSP).

Camat Paranggupito, Sulistyani mengemukakan, Bansos BSP telah selesai dilaksanakan Rabu (30/9/2020) di pendopo Kecamatan setempat. “Jumlah KPM ada 510 orang, tersebar di 8 Desa se Kecamatan. Penyuplai barang BUMDES Kejora Desa Songbledeg,” kata Sulistyani.

Bahan kebutuhan pangan itu terdiri dari beras 10kg, telor 1 kg, minyak goreng kemasan 2 ltr, mie instan 400 gram, dan kecap kemasan botol 275 ml.

“Barang sudah dicek semua. Begitu barang turun kita periksa. BUMDES sudah kita bina. Jual beli jangan mengurangi timbangan (takaran, red). Bahaya. Jual beli harus jujur. Kalau Takarannya lebih anggap itu sebagai shodaqoh,” tandas Sulistyani.

Dalam pendistribusian BSP dilakukan secara terjadwal per-Desa, per-jam, per-hari. Harapannya dapat menjaga standar protokol kesehatan C19. Turut hadir mengawasi perwakilan Forkompinca dan para perwakilan perangkat Desa se Paranggupito.

Terpisah Kepala Desa Songbledeg Slamet Widodo meyakinkan benar, bahwa pihaknya telah mendoktrin Ketua BUMDES dan Tenaga kerja agar tidak main main dalam mengemas barang. Takaran beras dan telor minimal pas (anget). Lebih baik takaran lebih. Dari pada kurang.

“Saya wanti-wanti agar tidak mencuri takaran. Saya doktrin jualan harus jujur. Ini keyakinan hukum Islam dalam jual beli (muammalah, red),” katanya. Untuk itu barang yang dikemas benar benar sudah dicek. Kemasan, masa kadaluarsa, dan kwalitasnyanya baik,” katanya.

Dijelaskan, pihaknya merasa beruntung dan mendapatkan tantangan, berupa amanah ditunjuk Pemprov Jateng dan PMD Kabupaten Wonogiri untuk menjadi penyuplai (melayani) kebutuhan BSP. Harapannya tidak mengecewakan masyarakat KPM dan pemerintah.

Sebelum melayani BSP ini, BUMDES Kejora, juga dipercaya menyuplai Bansos lain untuk Kecamatan Paranggupito dan Giritontro. (baguss)

error: Content is protected !!