Pendaki Wonogiri Meninggal di Puncak Pendakian Cemorosewu Gunung Lawu

0 612

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Seorang pria bernama Sena Ardi Sanjaya alias Angga (28) meninggal dunia Minggu (23/08/2020) saat berada di puncak pendakian Cemoro Sewu Gunung Lawu wilayah Kabupaten Magetan Jatim.

Jenazah telah dikebumikan di makam terdekat dengan tempat tinggalnya, yaitu di Dusun Tulakan Rt 02 Rw 14 Desa Wonoharjo Kecamatan/Kabupaten Wonogiri Jateng. Diperkirakan penyebab kematian akibat suhu diatas puncak sangat dingin (hipotermia).

Berdasarkan informasi wartawan dari keluarga dan relawan Tagana Surakarta, Sena mendaki pada Sabtu ( 22 /08/2020) bersama lima temannya. Sebelum sampai Cemorosewu, Sena merasa tidak enak badan. Teman se rombongan asal Desanya, Triyanto (28) menyarankan pendakian dibatalkan. Namun Sena menolak dan tetap melanjutkan pendakian.

Sampai di pos 2 pendakian, fisik Sena makin melemah. Wajah dan tubuhnya tampak capek kelelahan. Malam itu disepakati pendakian dihentikan. Keesokan hari rencananya turun. Senad dan rombongan mendirikan tenda untuk transit, istirahat dan makan.

Setelah makan kondisi korban makin memburuk. Sena tak sadarkan diri. Rombongan memberikan pertolongan hingga Sena kembali sadarkan diri. Pada pukul 02.00 WIB Sena kembali tak sadarkan diri. Fisik drop. Rombongan meminta bantuan ke petugas di Pos 2.

Tim penolong terdiri dari Eko, Fery dan Dyas mahasiswa perawat. Tim mengupayakan tindakan PCR. Namun tidak berhasil. Nadinya sangat lemah. Pada pukul 02.30 WIB kedua rekan turun ke Pos Cemoro Sewu untuk minta bantuan.

Tepat pukul 06.00 WIB nadi sudah tidak berdetak. Tim relawan dan tim kesehatan mengecek TKP bersama anggota TNI, POLRI dan Perhutani. Sena saat itu telah dinyatakan meninggal dunia. Relawan PGL, Perhutani KPH Lawu, TNI dan POLRI mengevakuasi korban dan mengantarkan ke ke rumah Tulakan Wonoharjo Wonogiri. (baguss)

error: Content is protected !!