Pemohonan Capai 11.000 Orang, Pendaftaran umkm Bisa Ditutup Mendadak

0 998


INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Pada pukul 14.20 Wib Rabu (19/8/2020) jumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengan (UMKM) yang mengajukan bantuan Rp.2,4 juta ke Pemerintah Pusat melalui Kantor KUMKM dan Perindak Kabupaten telah mencapai 10.749 orang.

Diperkirakan jumlah pemohon akan terus bertambah. Mengingat Dinas KUMKM dan Perindag Kabupaten Wonogiri membuka pendaftaran sampai 28 Agustus mendatang. Namun Kepala Dinas Wahyu Widayati mengingatkan, pendaftaran dapat ditutup sewaktu-waktu.

“Pendafaran sewaktu-waktu dapat ditutup, jika kuota nasional sudah terpenuhi. Yaitu 12 juta pemohon untuk seluruh Kabupaten Kota se Indonesia. Tapi ingat yang menutup adalah Kementrian Keuangan Pusat, bukan dinas kabupaten,” kata Wahyu Widayati.

Wahyu menjelaskan, sebelumnya sempat tersiar kabar, bawha Kabupaten Wonogiri mendapatkan kuota 20 ribu orang. Info tersebut berasumsi kepada jumlah kuota nasional dibagi seluruh kabupaten/kota se Indonesia, sama dengan 20.000.

Tetapi, ternyata, pemerintah pusat tidak membatasi kuota kabupaten/kota. Melainkan kabupaten/kota manapun yang dapat cepat mengakses, mendaftar dan memenuhi syarat maka bisa mendapatkan bantuan itu, tampa dibatasi jumlah kuota local.

Pendaftaran dilakukan secara on line dengan syarat dan ketentuan. Namun tidak otomatis pendaftar melalui link pasti lolos terima bantuan. Syarat lain, pemohon harus menyerahkan bukti diri dan surat pernyataan bermaterai 6000 ke Dinas KUMKM dan Perindag.


Wahyu menjelaskan, dari jumlah 10.749 pemohon, terdapat 2.146 yang telah disetorkan ke Pusat. Pada tahap kedua ada 14 pemohon dan pada tahap ketiga ada 18 pemohon telah dikirimkan melalui email. Sedangkan dokumen disimpan di Dinas KUMKM dan Perindag.


Baca berita : Progam Bantuan Rp.2,4 Juta Akan Dibuka Lagi, Silahkan Daftar Secara Online. (baguss)

error: Content is protected !!