Pasar Wonogiri Sepiii Malah Viral Isu Tuyul

0 1.049

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Di tengah sepinya jualan, kini malah viral isu tuyul gentayangan di Pasar Wonogiri Kota. Selain meresahkan, keberadaan tuyul itu dianggap merugikan. Pasalnya banyak pedagang yang kehilangan uang.

Seperti dialami pedagang bumbu dapur, pedagang sayuran, pedagang pakian, pedagang kebutuhan rumah tangga dan lain lain. Di alami pedagang di lantai I maupun di lantai II. Besaran uang yang hilang bervariatif. Mulai Rp.30.000, Rp.40.000, Rp. 50.000, Rp.80.000.

Menurut pedagang di lantai II, hilangnya uang para pedagang terjadi secara tidak wajar. Misalnya, pedagang menyimpan uang di dalam laci. Di dalam toples. Atau di dalam dompet yang ditaruh di dalam laci di kios tempatnya berjualan.

Tetapi uang yang hilang atau dicuri, hanya sebagian. Tidak semua uang hilang. Misalnya yang disimpan di laci total jumlahnya Rp.100.000. Terdiri dari beberapa pecahan. Mulai Rp.5000, Rp.10.000, Rp.20,000, Rp.50.000.

“Yang hilang hanya Rp.30 ribu. Kalau maling kenapa tidak mencuri semuanya,” begitu kata salah satu pedagang Bandeng yang tidak perlu disebut namanya. Cerita itu diungkapkan dalam forum arisan, salah satu kelompok pedagang.

Awalnya, kejadian itu hanya sekali. Namun pada waktu yang berbeda juga terjadi lagi. Sehingga diyakini, bukan karena pemilik uang lupa menyimpannya. Ketika hal itu diceritakan kepada pedagang lain. Ternyata pedagang lain juga mengalami hal yang sama.

Kabar itu menyebar dari mulut ke mulut. Ternyata pedagang yang kehilangan uang belasan orang. Dengan fakta tersebut, pedagang mencurigai ada tuyul pelakunya. Untuk itu, sesepuh pasar menyarankan agar menjebak makhluk halus itu dengan doa dan mantra. (baguss)

error: Content is protected !!