Dinas Pendidikan Punya Tim Kreatif E-KTSP

0 266

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Kabupaten Wonogiri memilik tim kreatif konten untuk menyempurnakan pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan secara Elektronik atau E-KTSP di tahun pelajaran 2020/2021 di setiap tingkatan, Kabupaten sampai Kecamatan.

Kepala Dinas P&K Kabupaten Wonogiri Dr. Yuli Bangun Nursanti M.Pd melaui Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Gino SPd, SIP, MPd mengemukakan, tim kreatif terdiri dari Pengawas Sekolah (PS), Kepala Sekolah (KS), dan Guru, baik tergabung Kelompok Kerja Guru/KKG atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran/MGMP.

“Tujuannya untuk mencapai standar pendidikan,” kata Gino, Senin (31/8/2020) di Kantor Dinas P&K Kabupaten Wonogiri. Standar kelulusan, isi, proses dan penilaian. Bidang dikdas, menurutnya telah menyusun dan merencanakan tugas pokok fungsi setiap satuan pendidikan.

Seperti susunan organisasi tata kerja, tugas, jadwal pembelajaran, menyiapkan KTSP, Kadik dan pola pembelajaran. Tahun pelajaran 2020/2021 tim telah menyeting proses pembelajaran tatap muka sesuai kenormalan baru. “Pembelajaran tatap muka siap dilaksanakan. Tetapi tetap menunggu petunjuk tim gugus tugas,” katanya.

Untuk mengantisipasi kemungkinan persebaran C19, pembelajaran diatur sejak berangkat sekolah, di sekolah sampai pulang kembali ke rumah. Misalnya, peserta didik berangkat diantarkan oleh keluarganya. Anak dan pengantar mengenakan masker. Sampai di sekolah cuci tangan. Tidak berkerumun.

Lalu di sekolah rombongan belajar dibatasi, maksimal separuh dari rombel biasanya. Jam pelajaran hanya berlangsung 4 jam. Empat jam pelajaran hanya sekira 2,5 jam normal. Siswa mengenakan masker. Sekolah wajib menyediakan masker, bila anak lupa membawa masker.


Bagi guru juga diberlakukan protocol kesehatan yang sama. Bahkan guru wajib mengenakan face shield. “Bagi anak, pulang dijemput keluarganya. Sampai di rumah protocol kesehatan tetap dilaksanakan. Anak wajib langsung ganti baju dan bajunya dicuci. “Situasi saat ini belum memungkinkan. Sehingga masih PJJ,” katanya.

Tahun pelajaran ini rencana akan dicoba E-KTSP. Diharapkan satuan pendidikan familiar dengan E-KTSP. Untuk mendukungnya, tersedia portal pembelajaran di web dinas pendidikan. Ada konten pembelajaran video dengan fitur lengkap. Tersedia akun microsofe office 365 untuk mendukung pembelaran. (baguss)

error: Content is protected !!