Sekarang Besuk Tahanan Cukup Pakai Video Conference

0 67


INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Sejak Senin sampai Kamis (13-15/7/2020) besuk tahanan takperlu bertemu langsung. Karena telah menerapkan system pelayanan besuk tahanan menggunakan tvideo conference. “Sistem pelayanan besuk tahanan dalam rangka PSBB di masa pendemi Covid 19 melalui video conference,” kata Kapolres AKBP Christian Tobing SIK MH MSi.


Kasubag Humas Iptu Suwondo melalui Iwan Sumarsono menjelaskan tahapan standar operational prosedur (SOP) pembesuk tahanan adalah. Pembesuk datang lapor ke penjagaan. Tinggalkan kartu identats. Mintalah ID Card tamu untuk besuk. Lalu lakukan protocol covid 19.


Isi buku besuk tahanan dan identitas yang akan dibesuk. Pembesuk masuk ke ruang online 10 menit. Setelah waktu habis, pembesuk dipersilahkan meninggalkan tempat. Lalu tukarkan identitas dengan id card. Pelayanan besuk tahanan berlaku Senin – Jum’at pukul 13.00 – 14.00 Wib.


Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing didampingi Wakapolres Kompol Edi Wibowo menyaksikan langsung penerapan sistem pelayanan besuk tahanan secara online face to face guna menerapkan PSBB di masa pandemi covid 19 antara tahanan dan keluarga pengunjung.


Sistem tersebut didukung dua laptop dan dua operator anggota Sat Tahti. Satu laptop di ruang khusus tahanan. Satu laptop di ruang tunggu pengunjung. “Kedepan keluarga tahanan di luar kota bila ingin berkomunikasi dengan keluarganya difasilitasi melalui nomor +62 813-2936-5888.


Salah satu pembesuk, Liesta dan anak lelakinya, Krisna, menyatakan sistem online face to face yang diterapkan Polres Wonogiri relatif bagus. Pembesuk bisa tatap muka dan komunikasi kepada keluarga yang sedang menjalani proses hukum. (baguss)

error: Content is protected !!