Pemohon Bantuan ke Dinas UMKM & Perindag Banyak Yang Tereliminasi

0 181

INFOWONOGIRI.COM –KOTA– Pemohon bantuan dana hibah ke pemerintah pusat melalui Dinas KUKM dan Perindag Wonogiri diperkirakan banyak yang tereliminasi. 

Pantauan wartawan IW, di halaman Kantor Dinas KUKM dan Perindag Wonogiri, ada beberapa tumpukan berkas pemohon yang tertolak. Karena tidak memenuhi syarat. 

Bocoranya, nomor KTP pemohon atau atau nomor KK telah terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah Kabupaten / Provinsi / Pusat maka dipastikan gagal. Demikian jika salah satu nama istri / suami telah terdaftar sebagai penerima bantuan, juga tidak lolos. 

Syarat lain. Jika nomor rekening tifak aktif juga berpeluang tertolak. “Sebab uang bantuan itu akan ditransfer melalui rekening. Jika tidak aktif maka tidak bisa masuk,” kata Sakir salah satu pejabat di Dinas ini. 

Selanjutnya, jika memiliki rekening dengan saldo lebih dari Rp.2 juta pertanggunggal 24 Juli 2020 juga kemungkinan tertolak besar. Nah syarat lain, jika ternyata nama pemilik rekening sedang “diblacklis” atau mengalami collect maka juga bisa tertolak. 

Data berkas pemohon langsung diseleksi oleh staf Dinas KUKM dan Perindag. Yaitu berdasarkan nomor KTP dan KK. Saat itu juga yang lolos langsung dientri ke aplikasi komputer yang terkonek Internet jaringan Provinsi Jateng. Berkas ditumpuk dengan yang lolos seleksi. Sebaliknya berkas yang gagal diimput ditumpuk terpisah. Digabung dengan berkas yang senasib. Tereliminasi. 

Namun sejak Jumat 24/7/2020 sampai Ahad 26/7/2020 Rekap belum selesai. Kepala Dinas UMKM dan Perindag Wahyu Widayati menyatakan stafnya hanya melakukan pendataan. Keputusan sepenuhnya ada di Pemerintah Pusat. Para stafnya juga telah dihubungi. Katanya rekap belum selesai. Informasinya bantuan hibah uang Rp.2,4 Juta dari Pemerintah pusat melalui Provinsi Jateng. (baguss)

error: Content is protected !!