Kontribusi Mahasiswa KKN Covid-19 UNS di Girimarto

0 350

INFOWONOGIRI.COM-GIRIMARTO-Sejumlah mahasiswa/i Universitas Sebelas Maret Surakarta telah selesai melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), 15 Mei sampai 30 Juni 2020. KKN reguler periode Juli-Agustus diubah menjadi KKN Covid-19.

KKN Covid-19 tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah KKN, melainkan bagi seluruh mahasiswa angkatan baru maupun lama yang belum mengambil mata kuliah KKN.

KKN dilaksanakan sebanyak dua periode dalam setahun. Periode kali kedua dilaksanakan di Dusun Dologan RT 03 RW 03 Kelurahan Jendi Kecamatan Girimarto. Karena pademi Covid 19, KKN diarahkan agar mahasiswa berkontribusi mencegah meluasnya Covid-19.

Lokasi KKN didekatkan dengan domisili mahasiswa/i. Seperti peserta atas nama Tina yang dibimbing oleh dosen Drs. Tri Aprilijanto Utomo Ph.D. “Saya berkontribusi mencegah Covid-19 melalui KKN ini. Karena saya di Wonogiri, saya lakukan di Wonogiri,” katanya.

Menurut Tina, KKN Covid-19 ini diperlukan untuk edukasi masyarakat di lingkungannya. Edukasi Covid-19 untuk menyadarkan warga agar tidak mengabaikan protokol kesehatan. Seperti kebiasaan memakai masker saat keluar rumah dan berkerumun.

“Sebagian warga menganggap Covid-19 tidak menyentuh wilayahnya. Maka perlu diedukasi. Kebanyakan warga awam tidak memiliki fasilitas media social. Maka harus diedukasi secara daring,” kata Tina mengutip pernyataan Suroso selaku Ketua RT 03.

Tina menambahkan, ia menggunakan metode edukasi daring dan edukasi luring. Target edukasi daring untuk pemuda. Edukasi luring untuk bapak/ibu. Cara pertama memasang MMT berisi himbauan Protokol Covid-19 di tempat strategis.

Antara lain, pertama di pos ronda dan di tepi jalan utama. Tujuan agar mudah dilihat msayarakat. Kedua menempelkan poster pencegahan Covid-19 di 3 titik. Di pos ronda, masjid , dan sekolah. Ketiga pemberian tempat cuci tangan dan sabun di di titik titik tersebut.

Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sering cuci tangan. Keempat membagikan sabun, masker, hand sanitizer, serta pembagian selebaran berisi himbuan cara cuci tangan yang benar dan cara cuci masker kain. Pembagian untuk 30 rumah penduduk.

Potret beberapa kegiatan KKN Covid-19 oleh Tina Sasmi di Dusun Dologan RT 03/RW 03, Jendi, Girimarto, Wonogiri.“Masker dan hand sanitizer yang dibagikan adalah produksi sendiri. Saya edukasi melalui grup Whatsapp pemuda desa dan memposting poster digital di medsos. Juga membuka ruang diskusi. Ada video edukatif cara cuci tangan, cara membuat masker kain, cara membuat face shield, cara membuat hand sanitizer, dan tema-tema lainnya,” kata Tina. (baguss/rill)

error: Content is protected !!