Kapolres Wonogiri: Qurban Itu Bermuatan Sosial Sangat Tinggi

0 109

INFOWONOGIRI.COM –KOTA — Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing SIK.MH.MSI mengemukakan, ibadah Qurban memiliki muatan ibadah sosial sangat tinggi. Yaitu persembahan ibadah kepada Allah Swt. Dan, ibadah sosial masyarakat tampa skat kasta dan SARA. 

Menyembelih hewan Qurban sesungguhnya melaksanakan nilai nilai ubudiah kepada Allah Swt. Padahal Allah takmembutuhkan daging Qurban. Sama sekali. 

Sedangkan nilai nilai sosial ada pada daging Qurban. Daging itu diperuntukkan bagi semua anggota masyarakat di lingkungan sekitar tempat menyembelih. Bisa lebih luas. Tampa memandang latar Suku Agama Ras dan Antar golongan (SARA). 

Kapolres Jumat (31/7/2020) menyerahkan hewan Qurban kepada Takmir Masjid Al Mukmin, Sukorejo Giripurwo Wonogiri.

“Nilai- nilai pengorbanan adalah keikhlasan pengabdian insan Bhayangkara yang bertaqwa Kepada Tuhan yang maha Esa” katanya. 

Hadir turut menyaksikan, Waka Polres Kompol Edi Wibowo, SH, MH Kabag Ops Polres Wonogiri Kompol Agus Pamungkas, SH, MH. Kabag Sumda Kompol Hadijah Sahab, SH, MH, Kabag Ren Kompol Dwi Retnowati, SH, MH, Kasat Intelkam AKP Purnomo, SH, MH. Kasat Narkoba AKP Suharjo, SH, MH, Kasat Binmas AKP H. Surono, SH, MH, Kasat Sabhara AKP Sugihantoro, SH, MH. Kasi Propam Iptu Soepardi, Kasi Humas Iptu Suwondo, Perwakilan Takmir Masjid Al Mukmin dan perwakilan penerima hewan Kurban.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan  Ir. Sutardi, MMA. Petugas Juleha (juru penyembeleh halal) dari Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Prapto Utomo, dan Budiharjo dan Rosid.

Adapun jumlah hewan;  Sapi (3) dari Kapolres, PJU dan Sat Lantas Polres Wonogiri. Lalu Kambing (27) dari Sat Reskrim, Sat Lantas dan Kapolsek Jajaran Polres Wonogiri.

Takmir Masjid Al Mukmin HS Wankamari melaporkan total jumlah hewan Qurban adalah 6 ekor lembu dan 36 ekor kambing. 

“Lembu kita potong hari ini semua, Kambing kita distribusikan. Ada proposal masuk 19 lembaga. Antara lain dari Gambirmanis Pracimantoro, Tirtomoyo, Eromoko, Manjung. Dari Weru belum kami acc. Daging Qurban diserahkan untuk mencukupi warga kami. Dari Sat Binmas ajukan 36 warga di ligkungan Polres,” kata Kamarji yang juga ketua panitia. 

Penyerahan hewan Qurban secara simbolis diserahkan ke perwakilan Takmir Masjid Al Mukmin untuk distribusikan ke:

a. Masjid LDII Wonogiri.

b. Masjid An Nur Tirtomoyo (Agus Cobra).

c. Ponpes Tertib lalu lintas Manjung, Wonogiri.

d. Masjid Al ikhlas, Pracimantoro. 

e. Ponpes Hidayatun Nur, Widoro Sidoarjo. 

f. Masjid Al Mujahidin, Guotirto, Giriwoyo. (baguss) 

error: Content is protected !!