SIM Yang Diterbitkan di Wonogiri Berlaku di Wilayah Negara Asean

0 1.370

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Ternyata Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang diterbitkan di Satlantas Polres Wonogiri dan Polres se Indonesia berlaku di wilayah negara-negara ASEAN. Yaitu di Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Foto Dok Humas Polres Wonogiri


Kesepuluh anggota perhimpunan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) itu, semua menyetujui dan menandatangani persetujuan tentang pemanfaatan SIM Nasional. Ternyata perjanjian itu telah dibuat sejak RI dipimpin Presiden HM. Soeharto. Pengakuan lisensi pengendalian domestik diberikan oleh negara ASEAN di Kuala Lumpur pada 9 Juli 1985.


“Maka SIM nasional yang diterbitkan Indonesia dapat berlaku di wilayah Asean dan SIM nasional yang diterbitkan negara ASEAN dapat juga berlaku di Indonesia,” kata Kapolres Wonogiri AKBP Cristian Tobing SK.SH.MH melalui Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Liquid Sasono SIK didampingi stafnya mengutip Surat Telegram Kapolda Jateng.


Polres Wonogiri menerima Surat Telegram dari Kapolda Jateng pada Senin (2/5/2020), berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1516/V/YAN.1.1/2020 tanggal 27 Mei 2020 tentang SIM Nasional yang diterbitkan Indonesia dapat berlaku di wilayah ASEAN dan SIM nasional yang diterbitkan negara ASEAN dapat juga berlaku aku di Indonesia.


Isi persetujuan; 1) Negara tersebut mengakui semua SIM kecuali SIM Sementara/SIM Pelajar yang disebut Lisensi. 2) Pemegang SIM yang dikeluarkan di salah satu negara ASEAN dan bermaksud hanya tinggal sementara di wilayah negara ASEAN lain dapat mengemudi Ranmor sesuai golongan SIM yang dimiliki. 3). Setiap SIM harus disertai dengan terjemahan resmi dalam bahasa Inggris. 4) SIM yang tidak valid atau yang telah kadaluarsa tidak akan diakui. (baguss)

error: Content is protected !!