Polres Memberikan Pembebasan Perpanjangan SIM

0 1.715

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kabar bahagia bagi pemilik Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang telah habis masa berlakunya. Atau yang akan habis masa berlakunya dalam waktu dekat ini. Pasalnya, Polres Wonogiri memberikan dispensasi perpanjangan –semua- SIM.


Informasi itu disampaikan Kapolres Wonogiri AKBP Cristian Tobing SIK SH MH melalui Kasatlantas AKP Hendri Liquid Sasono, Jumat (5/5/2020) di Wonogiri. Dijelaskan, dispensasi itu diberikan husus kepada pemilik tertentu.


Yaitu diberikan kepada pemohon yang habis masa berlakunya mulai tanggal 24 Maret 2020 sampai dengan 29 Mei 2020, tetap diproses dengan mekanisme perpanjangan. Dispensasi diberikan selama sebulan proses perpanjangan SIM mulai tanggal 2 Juni 2020 s/d 30 Juni 2020.

Dispensasi artinya, manakala dalam kurun waktu tersebut belum pemilik SIM yang telah habis masa berlakunya, tetapi belum mengajukan permohonan dapat pengecualian dari aturan karena adanya pertimbangan khusus. Atau pembebasan dari kewajiban, larangan atau saksi.


“Ini program husus, hamper diberlakukan di seluruh Polres di Indonesia. Jelasnya surat telegram Kapolri karena sesuai protocol kesehatan menghadapi pandemic Covid 19,” ujar Kasatlantas melalui Bagian Urusan SIM Satlantas Polres Wonogiri, Agus Bhakti.


Sejak pandemic Covid jumlah pemohon SIM menurun drastic. Jika sebelum masa corona pemohon bisa mencapai 100 orang lebih perhari. Kini jumlah pemohon menurun, hanya berkisar 80 pemohon. Baik pemohon SIM untuk Roda 2 maupun Roda 4 atau lebih.


Selama pandemic ini, pelayanan SIM dapat dilaksanakan sesuai protokol Covid 19. Manakala ada pemohon tidak mematuhi protokoler covid 19 maka disarankan kembali untuk melengkapi standar pencegahan Covid 19. Antara lain bermasker dan cuci tangan dengan sabun.
Hal penting lain, Satlantas Polres Wonogiri melayani pembuatan SIM on line.

proses pembuatan SIM di Polres Wonogiri l Foto Dok Humas Polres Wonogiri

Pemohon ber-KTP dari luar Wonogiri tetap bisa dilayani membuat SIM di Satlantas Polres Wonogiri. Sehingga pemohon tidak perlu membuat baru atau perpanjangan daerah asalnya. (baguss)

error: Content is protected !!