Merasa Disepelekan Kades Jeporo ,Katiman Laporan Ke Polda

0 1.095

INFOWONOGIRI.COM-JATENG-Kepala Desa Jeporo Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri akhirnya dilaporkan ke Polda Jawa Tengah. Laporan disampaikan tim kuasa hukum Katiman dan keluarga, Gunarto SH.MH bersama rekan.

Katiman memutuskan untuk memerkarakan Kades Jeporo. Lantaran Kades Jeporo dianggap menyepelekan pihaknya dan keluarganya. “Malah menantang kok, katanya Cuma Katiman saja, gak bisa memenjarakan polo,” kata Katiman menirukan kabar di masyarakat.

Baca Juga : Katiman Tak Terima Anaknya Disebut Meninggal Karena Corona

Terpisah, Gunarto menyatakan bawha laporan telah disampaikan beberapa waktu lalu. Tindaklanjut dari laporan itu, Gunarto bersama klienya telah mendapatkan surat panggilan dari Direktur Reserse Umum Subdit I/KAMNEG Polda Jateng.

Surat panggilan ditandantangani atas nama Direktur Reserse Umum Kompol Hartono SH.MH. “Surat panggilan sudah kami terima. Semula rencana panggilan pada 10 Juni. Namun karena ada sesuatu hal panggilan ditunda dua hari menjadi tanggal12 Juni,” kata Gunarto SH.

Berdasarkan bedah kasus tim kuasa hukum, ada beberapa pelanggaran yang diduga dilakukan Kades Jeporo. Antara lain tejadi maladministrsi (kesalahan administrasi) dalam Pemdes Jeporo. Diatur dalam UU Nomor 37 th 2008 tentang Ombudsman RI.

Dalam UU itu maladministrasi disebut sebagai perbuatan melawan hokum. Seperti melampaui kewenangan untuk tujuan lain dari wewenangnya. Termasuk kelalaian kewajiban hukum sebagai pelayanan public.

Yaitu Kades Jeporo menerbitkan surat laporan ke BPBD Wonogiri dengan menyebutkan, bahwa anak kandung Katiman meninggal akibat positif Covid 19. Laporan itu tampa dasar yang benar. Faktanya meninggalnya bukan karena virus corona.

Baca Juga : Katiman Menggugat Pemdes Jeporo Kecamatan Jatipurno

Kedua, Surat Laporan itu viral di medsos dan grup-grup WA. Patut diduga penyebaran itu dilakukan oleh oknum perangkat desa. Kades layak atas berita bohong (hoax) yang tersiar itu. pebuatan seperti itu melanggar pasal 14 dan 15 UU nomor 19 th 2016 tentang ITE.

Ketiga, perbuatan telah menfitnah, menyerang kehormatan dan mencemarkan nama baik keluarga Katiman. Perbuatan seperti itu melanggar pasal 27 ayat (3) UU ITE, dan pasal 310 ayat (1) KUHP. “Semua perbuatan seperti itu dapat dikenai pidana penjara,” kata Gunarto.

Humas Polda Jateng dan Humas Polres Wonogiri telah dikonfirmasi. Namun belum memberikan pernyataan resmi. Baca berita terkait; “Katiman Tak terima Anaknya Disebut Meninggal Karena Corona” (baguss).

error: Content is protected !!