Kades Jeporo Jatipurno Belum Terima Panggilan Penyidik Polda

0 437



INFOWONOGIRI.COM-JATIPURNO-Kepala Desa (Kades) Jeporo Kecamatan Jatipurno, Suyato menyatakan belum menerima panggilan dari Penyidik Polda Jateng. “Belum ada panggilan,” kata Suyato, Rabu (17/6/2020) by phone.


Suyato mempertanyakan Kapasitas dirinya dilaporkan ke Polda. Menurutnya, dirinya sebagai bawahan. Di atasnya ada Camat dan Bupati. Suyato berpendapat, jika Katiman ingin mendapat penjelasan masalah tersebut, semestinya datang ke kantor Desa Jeporo atau ke Camat.


Suyato menyatakan pernah mengundang Gunarto dan Katiman di Kantor Desa Jeporo untuk klarifikasi. Yaitu pada tanggal 21 April 2020. Namun petemuan kedua belah pihak gagal. Gunarto datang lebih awal. Kades Jeporo datang terlambat. Sehingga pertemuan batal terlaksana.


Seperti diketahui, Katiman dan anak menantunya, Dwi Heriyanto melalui penasehat hukumnya (PH) Gunarto SH. MH menyatakan telah resmi melaporkan Kades Jeporo ke Polda Jateng. Laporan itu berkaitan dengan tindakan Kades Jeporo.


Kedua klienya, memilih menempuh jalur hukum untuk mendapatkan keadilan atas kerugian materi dan nonmateri yang dialami akibat tindakan Kades Jeporo. Bahwa Kades Jeporo telah menerbitkan Surat Laporan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri.
Surat itu bernomor /362/02 tertanggal 3 April ditembuskan ke Kecamatan, Polsek dan Koramil Jatipurno. Surat itu dianggap telah menimbulkan keresahan bagi warga Dusun Poncol Desa Jeporo. Utamanya keluarga dan kerabat Katiman. Katiman adalah warga RT02 RW 07.


Dalam laporan yang ditandatangani Kades Jeporo, tertulis jenis Kejadian Luar Biasa (KLB) tanggal 2 April 2020. Kronologisnya, Selasa pukul 06.00 Wib Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Desa Jeporo meninggal dunia di RSUD Wonogiri, inisial AR, alamat sesuai domisili Katiman. AR adalah anak pertama Katiman.


Sehubungan dengan hal itu, Kades Jeporo menetapkan beberapa warga Poncol sebagai ODP (Orang Dalam Pengawasan), dan satu orang meninggal. Namun Katiman menegaskan anaknya meninggal bukan karena Covid 19. Keluarganya juga negative.


Baca berita terkait: “Katiman Takterima Anaknya Disebut Meninggal Karena Corona. (baguss)









error: Content is protected !!