Evakuasi Hampir 10 Jam, Ditunggui Bupati. Dramatis, Namun Berakhir Tragis

0 4.016

INFOWONOGIRI.COM-SUKOHARJO- Kerja keras relawan gabungan menyelamatkan Ahmad Satiri alias Ambon (37 th) yang tertindih batu besar cukup dramatis. Tim SAR Sukoharjo mendapatkan informasi kejadian itu sekira pukul 16.00 WIb.


Setengah jam kemudian tim sampai di lokasi di wilayah Gunung Soko Kedungsono Bulu Sukoharjo. Lokasi tertimbunnya warga Dusun Banjardowo Rt 01 Rw 05 Desa Purworejo Kecamatan/Kabupaten Wonogiri itu berada di medan yang sulit. Tebing tinggi dan terjal.

Foto Dok Tim SAR Sukoharjo

Batu yang menindih atau menghimpit korban cukup besar. Diperkirakan ratusan kilogram. Bahkan bisa mencapai satu ton. Posisi korban terjepit hamper separuh badannya. Korban hanya terlihat bagian dada sampai ke kepalanya. Salah satu tangannya juga terhimpit.

Hal yang pertama dilakukan para relawan adalah berkomunikasi. Memberikan minum dan makan. Dengan cara menyuapi. Proses selanjutnya adalah memindahkan batu dengan alat manual. Namun selalu gagal. Karena besarnya ukuran batu itu.

“Korban sadar, sejak awal komunikasi bagus. Ketika berhasil evakuasi, keadaannya mas Ahmad baik baik saja. Memang proses evakuasi lama. Sejak jam 4 sore, turun di kaki bukit jam 2 dini esoknya. Tapi asupan makan minum oksigen kita suplay terus. Mengunyah makanan juga masih baik,” kata Korlap SAR Sukoharjo, Muchlis.

Proses evakuasi berhasil. Memakan waktu 9,5 jam sampai dipaking dan diantarkan ke RS Karima Utama Kartasura. Kondisi korban mengalami luka fraktur (memar) di tangan, kaki. Pada pahanya mengalami luka terbuka. “Dan, baru kali ini evakuasi ditunggui Bupati. Pak Jekek cukup lama di lokasi,” kata Mukhlis.

Namun akhirnya, kabar kematian viral di WAG kawan kawan relawan. SAR Sukoharjo, Wonogiri. BPBD Sukoharjo, BPBD Wonogiri, dan puluh grup lain. Kepala BPBD Sukoharjo Sri Maryanto dan Kalak BPBD Wonogiri Bambang Haryanto membenarkan kabar kematian Ambon.

Ahmad Satiri alias Ambon dinyatakan meninggal pukul 05.00 Wib Senin (1/6/2020) di RS Karima Utama Surakarta. Dimakamkan pukul 13.00 Wib (1/6/2020) di pemakaman umum di Desanya. Meninggalkan satu istri dan dua anak serta kedua orang tuanya.

Baca berita terkait “Warga Wonogiri Tertimbun Batu Longsor Saat Mencari Tanaman Bonsai”. (baguss)

error: Content is protected !!