Camat Batuwarno; SK Gapoktan Adalah Kewenangan Kades

0 2.146

INFOWONOGIRI.COM-BATUWARNO-Surat Keputusan (SK) Kepengurusan untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Jati Mulyo Desa Ronggojati Kecamatan Batuwarno menjadi kewenangan Kepala Desa (Kades) setempat.


Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) hanya menjalankan tugas fungsional sekaligus sebagai Pembina Gapoktan. Sedangkan Pejabat Permerintah Kecamatan sebagai kordinator untuk mengkoordinir kegiatan PPL dan Gapoktan, bilamana bersifat penting.

Baca Juga : Kades Ronggojati Bongkar Dibalik Dana Gapoktan Rp.80 Juta


Pernyataan itu dikemukakan Camat Batuwarno, Khrisma Eko Sutiyo, Senin (15/6/2020). “SK Pengurus Gapoktan Desa Ronggojati ditebitkan oleh Pemerintahan Desa. Bukan oleh Kecamatan atau PPL Kecamatan,” kata Kharisma.


Dijelaskan, Pejabat Pemerintah Kecamatan dan PPL Kecamatan dalam kegiatan-kegiatan secara husus yang bersifat penting bisa dilaksanakan bersama sama. Sedangkan kegiatan yang tidak penting bisa dilaksanakan secara otonom oleh PPL Kecamatan dan Gapoktan.

Baca Juga : Belum Lama Dilantik, Kades Ronggojati Dilaporkan ke Polisi


Gapoktan adalah organisasi milik masyarakat petani. Maka dana milik Gapoktan bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat. Namun bukan untuk kepentingan pribadi, apalagi untuk memperkaya diri. “Selama disetujui seluruh anggota dan ada kejelasan pengembaliannya,” tandas Camat.



Terkait Pemdes Ronggojati yang meminjam dana Gapoktan untuk membayar PBB, menurut Khrisma, dapat dinilai positif. Karena bertujuan membantu petani. Yaitu dana talangan membayar PBB. Mengingat sebagian warga Desa Ronggojati adalah petani. Terlebih kondisinya saat itu belum semua petani panen.


Selain itu, juga membantu pemerintah. “Tujuannya untuk memotifasi. Dana milik Gapoktan itu dana bebas. Dana hibah dari pemerintah pusat. Selama ini dana itu mengendap, tidak tepakai. Toh nantinya masyarakat melunasi (ke Pemdes) setelah panen,” pungkas Camat.

Sementara itu, Kades Ronggojati Sutrisno menyatakan belum pernah membentuk dan menerbitkan SK kelembagaan apapun sejak dilantik akhir Desember 2019. Termasuk Gapoktan Jati Mulyo. (Baguss)


error: Content is protected !!