Mudik ke Surga Proyek Besar Keluarga

0 407


INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Suasana Sholat Idul Fitri tahun ini sangat berbeda dengan pelaksanaan Sholat Idul Fitri tahun tahun sebelumnya. Seperti yang diselenggarakan Takmir Masjid Al Furqon Donoharjo Wuryorejo Wonogiri, Ahad (24/5/2020) pukul 06.15 Wib.


Selain sholat dilaksanakan di tengah pandemic Covid 19, sholat Idul Fitri tahun 1441 H/2020 M mencatatkan sejarah bagi umat Islam khusus warga Donoharjo RT 02 RW 02. Sebab baru kali pertama sholat idul fitri dilaksanakan di halaman masjid Al Furqon.


Pada tahun tahun sebelumnya sholat sunah muaakad selalu digabungkan bersama umat islam se Kelurahan Wuryorejo. Misalnya sholat Idul Fitri dan Sholat Idul Adha. Biasanya diselenggarakan di Jl Raya depan Satlantas Polres Wonogiri untuk PHBI Sektor Selatan.


Selain itu pelaksanaan sholat Idul Fitri hanya diikuti husus warga mukim (menetap) di wilayah RW 2 saja. Bagi pemudik yang belum genap 14 hari isolasi mandiri. Maka dilarang mengikuti sholat id. Pelaksanaan sholatpun memerhatikan Protocol Kesehatan Covid 19.


Peserta sudah bersuci dari rumah. Semua mengenakan masker. Membawa sajadah/alas sholat sendiri. Jarak shof 80 cm. Tidak berkerumun saat datang dan pulang. Tidak bersalaman satu sama lain. Datang dan pergi tampa bermotor.


Bertindak sebagai Imam H. Zubadi. Khotbah pasca sholat Idul Fitri disampaikan relative singkat oleh dr H Martanto. Temanya “Mudik ke Surga Menjadi Proyek Besar Keluarga”. Tanggung jawab keluarga ada pada orang tua, suami nahkoda.


Seperti kisah seorang ayah Ibrahim AS kepada anaknya Ismail AS. Ibrahim selalu mengajak dan mendoakan anaknya agar menjadi anak sholeh dan taat kepada Allah SWT. Tak pernah lalai pada Allah. Tak pernah abai membaca Al Quran dan mengamalkannya.


Sesukses apapun seorang anak, jika lalai dan abai kepada Allah dan kita sucinya, maka hancur dan gagallah tujuan mudik bersama keluarga ke Surga. Keluarga akan tercerai berai di akherat. Tak pernah jumpa keluarga. Bahkan tak jelas siapa ke surga, siapa ke neraka.


“Apakah tidak ingin kita berkumpul bersama keluarga di Surga ? Semoga kita tergolong orang orang yang selalu taat kepada Allah dan Rosulnya. Sehingga kelak kita mudik berkumpul keluarga di Surga,” pungkas dr Martanto. (baguss)

error: Content is protected !!