Keluarga TNI dan Pegawai BMT Dapat Bantuan Sosial Tunai

0 472


INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Pembayaran Bantuan Sosial Tunai (BST) terindikasi kurang tepat sasaran. Seperti pembagian di Kelurahan Wuryorejo Kecamatan Wonogiri. Ada tiga penerima yang patut dianggap tidak layak terima bantuan uang Rp.600 ribu untuk bulan pertama dari jatah tiga bulan yang akan diterima.

Hasil penelusuran IW, di salah satu wilayah RT ada tiga dari sembilan penerima BST yang tidak layak. Lantaran ketiga orang itu tergolong keluarga mampu. Ada anggota keluarga TNI, pegawai BMT, dan dua diantaranya memiliki mobil. Semua telah dikonfirmasi ke rumahnya masing masing.

Menurut Ibu RT, yang anggota TNI adalah anaknya. “Di Balikpapan,” kata Ibu RT mewakili suaminya. Karena tugas pelayanan banyak dilakukan istrinya. Sedangkan Karyawan BMT tidak ada di rumah. Dia Kepala Cabang di Purwantoro dari salah satu BMT di Selogiri. Memiliki mobil dan rumahnya berpagar besi dan permanen.

Satu lagi mengakui tak layak terima BST. “Saya tidak berharap dapat BST. Tahu tahu dapat,” kata ibu berjilbab didampingi suaminya yang baru pulang dari Jakarta. Dia berpendapat, ibunyalah yang layak menerima. Sebab selain sudah tua, berstatus janda dan tidak bekerja. Sehingga tidak punya penghasilan.

Pendapat sama dikemukakan ibu ketua RT setempat. “Ada yang salah sasaran. Yang seharusnya dapat, malah tidak dapat. Itu yang jadi rame,” katanya. Pendataan menurutnya, dilakukan petugas TKSK Wonogiri Kota. Bukan berbasis Ketua RT. “Ada jatah 30 orang. Hanya dapat 9, selebihnya dilempar ke RT lain,” katanya.

Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap I telah dibayarkan Pemerintah Pusat melalui Kantor Pos Indonesia, hari terakhir sebelum Lebaran 1441 H, Sabtu (23/5/2020) di Pendopo Kabupaten Wonogiri, untuk Kecamatan Wonogiri. Wilayah Kecamatan lain di pendopo masing masing.

Camat Wonogiri Joko Purwidyatmo menyatakan pembagian tahap I selesai. Jumlah penerima 3265 orang di 9 Kelurahan dan 6 Desa. Camat membantah tidak ada pensiunan PNS atau pegawai terima BST. Pembayaran dilakukan sejak Kamis (21/5/20). “Ada yang belum terima. Ada juga yang mengembalikan. Hamper semua sudah terima,” akunya.

Terpisah Lia selaku TKSK melaporkan penerima yang mengembalikan yaitu Bambang Dwi Harjanto warga Donoharjo RT 05 RW 02 Wuryorejo Wonogiri. “Dia mengembalikan, alasannya untuk yang lain saja yang lebih layak,” kata Lia. Setelah dikembalikan, tidak dapat tergantikan/dialihkan penerimanya. (baguss)

error: Content is protected !!