Dusun Klampok Di-Lockdown Hewan Piaraan Terancam Kekurangan Pakan

0 613

INFOWONOGIRI.COM-PARANGGUPITO-Terdampak Covid 19 tidak hanya manusia. Hewan piaraan pun terkena dampak menyusul pemberlakukan Lockdown di wilayah Dusun Klampok Desa Johunut Kecamatan Paranggupito.


Warga setempat melaporkan, jumlah penduduk Dusun Klampok ada sekira 48 Kepala Keluarga (KK). Mayoritas memelihara hewan piaraan. Utamanya unggas, kambing dan sapi. “Hampir semua memelihara kambing dan sapi,” kata Lutfiana, warga Dusun Kenteng, yang bersebelahan dengan Dusun Klampok.


Sebelum diberlakukan Lockdown, kebutuhan makanan bagi hewan piaraan kambing dan sapi, relative mudah. Dapat dicarikan keluar kampung, di tegalan atau ladang sekitar kampong. Karena di-Lockdown warga tidak bisa keluar kampung.


Maka, kebutuhan pakan terpaksa disuplay dari warga kampung tetangga. Antara lain dari Desa Songbledek. Seperti dilakukan Kades Songbledeg Slamet widodo. Dia turut membantu memberikan pakan berupa polar pak, untuk pakan sapi.

“Untuk pakan ada beberapa saudara di dusun sekitar Klampok yang mencarikan. Pakan diletakkan di perbatasan yang terjangkau. Lalu warga Klampok mengambilnya. Itu beberapa warga yang punya saudara di dusun lain,” tambah Lutfiana. (kontributor hari setiawan // editor bagus sarengat).

error: Content is protected !!