Katiman Menggugat Pemdes Jeporo Kecamatan Jatipurno

0 1.758

INFOWONOGIRI.COM-JATIPURNO-Katiman, warga Desa Jeporo berencana menempuh jalur hukum untuk mendapatkan keadilan atas kerugian yang dialami akibat tindakan Kepala Desa Jeporo Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri.

Dalam rangka menempuh proses hukum, Katiman telah memberikan kuasa penuh kepada seorang Advokat Gunarto SH.MH yang berkantor di Pencil Wuryorejo Wonogiri. Gunarto kepada wartawan menyatakan telah melayangkan somasi untuk Kades Jeporo, Suyato.

“Dua orang sudah memberikan kuasa. Yaitu Katiman selaku orang tua almarhumah, Dwi Heriyanto selaku anak menantunya (suami dari almarhumah),” kata Gunarto, Senin (20/4/2020). Surat sudah terkirim sejak beberapa hari lalu.

Gunarto meminta penjelasan atas terbitnya Surat Laporan dari Pemerintah Desa Jatipurno yang ditujukan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri. Surat bernomor /362/02 tertanggal 3 April ditembuskan ke Kecamatan, Polsek dan Koramil Jatipurno.

Menurut Gunarto surat laporan itu telah menimbulkan keresahan bagi Dusun Poncol Desa Jeporo. Utamanya keluarga besar dan kerabat dekat Katiman. Diketahui Katiman adalah warga RT02 RW 07 Dusun setempat.

Gunarto SH, Pengacara

Dalam surat laporan yang ditandatangani Kades Jeporo, tertulis jenis Kejadian Luar Biasa (KLB) pada tanggal 2 April 2020. Kronologisnya, pada Selasa pukul 06.00 Wib salah satu PDP (Pasien Dalam Pengawasan) di Desa Jeporo telah meninggal dunia di RSUD Wonogiri, inisial AR, alamat sesuai domisili Katiman. AR adalah anak pertama Katiman.

Sehubungan dengan hal itu, Kades Jeporo menetapkan beberapa jiwa warga Poncol sebagai ODP (Orang Dalam Pengawasan), dan satu orang meninggal dunia. Namun Katiman menegaskan anaknya meninggal bukan karena Covid 19. Keluarganya juga negative.

Terpisah Kades Jeporo Suyato menyatakan siap mengklarifikasi. Rencana akan disampaikan di Kantor Desa Jeporo pada 21 April 2020. Terkait siapa penulis surat itu, Kades Jeporo belum memberikan keterangan. Demikian juga Kaur Kesranya, Larjo. (baguss)

error: Content is protected !!