Jokowi Seharusnya Turunkan Harga BBM & Tarif Listrik

0 337

INFOWONOGIRI.COM-NASIONAL- Saat ini harga minyak mentah dunia sedang turun, tajam. Penurunan harga minyak dunia terjadi Selasa (4/2/2020). Saat itu harga WTI (West Texas Intermediate) berkisar USD 50. Saat ini Rabu (1/4/2020) kurang dari USD 25.


Selayaknya Presiden Joko Widodo menurunkan BBM dan menurunkan harga tariff listrik. Sehingga semua rakyat bisa menikmati kebijakan pemerintah. “Listrik asalnya dari BBM. Harga minyak dunia turun. Mestinya bensin dan tarif listrik juga turun,” kata Anggota Komisi IV DPR RI Hamid Noor Yasin (HNY), Rabu (1/4/2020).

Asal tahu, Presiden Jokowi mengumumkan kebijakan gratis bayar listrik untuk daya 450VA, dan diskon 50% untuk daya 900VA. Kebijakan itu berlaku pembayaran tiga bulan ke depan. Yaitu Mei, Juni dan Juli.

Padahal daya beli masyarakat umumnya menurun. Terutama menengah ke bawah. Sangat lemah akibat wabah Covid 19. Tidak cukup kebijakan listrik saja. Pemenuhan kebutuhan pangan dan biaya operasional akibat BBM harus ditekan seiring rendahnya harga minyak dunia.

Maka HNY mengusulkan agar ada kompensasi penurunan tarif listrik untuk golongan 1300 VA juga. Karena adanya tren penurunan harga minyak mentah dunia hingga 55%, jelas menekan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) Listrik. Penurunan struktur tarif listrik, diharapkan dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat secara menyeluruh. (baguss)

error: Content is protected !!