Saat Ini UMKM Indonesia Bisa Diperjuangkan di PBB

0 126

INFOWONOGIRI.COM – NASIONAL – Saat ini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa diperjuangkan di lembaga Persatuan Bangsa Bangsa (PBB). Lembaga itu adalah International Council for Small Business (ICSB).

Keberadaan ICSB ditopang oleh empat pilar. Akademisi, Peneliti, Praktisi bisnis, dan Pembuat kebijakan. Visinya mengembangkan UMKM dan semangat kewirausahaan ke seluruh dunia.

Masuknya Indonesia menjadi anggota (ICSB) ditandai dengan diterimanya penghargaan oleh Menteri Koperasi UKM, AAGN Puspayoga pada Apri 2016 lalu di markas PBB New York Amerika.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh President ICSB, Ki-Chan Kim karena Puspayoga dinilai mendukung dan mampu mengajak masyarakat untuk menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan dengan pendekatan bisnis.

Dalam kesempatan tersebut, Menkop Puspayoga juga turut menandatangani Declaration Human Enterpreneurship bersama negara-negara anggota ICSB di Seoul, Korea Selatan.

Menurut Mantan Wagub Bali, bahwa masuknya Indonesia menjadi anggota ICSB guna turut memajukan pengembangan dan pertumbuhan usaha kecil menengah (UKM) di tanah air dan Dunia.

Acara ini berlanjut dengan kunjungan balik Presiden ICSB pekan lalu ke Jakarta dalam gelar launching  event the 4th SME Asian SME Conference.

Konfrensi ini nantinya akan mengangkat isu berkaitan bagaimana agar UKM, khususnya wirausaha pemula bisa bertahan menghadapi globalisasi, khususnya masyarakat ekonomi Asean (MEA).

“Indonesia berharap agar UKM bisa bertahan dan berkembang dalam kerangka MEA. Karena itu, produk yang bagus, layanan yang baik, dan yang lainnya belum cukup bisa bertahan dalam menghadapi MEA. Sehubungan dengan itu, dalam konferensi ini akan dibahas faktor-faktor yang harus dipahami UKM agar bisa bertahan. Antara lain, bagaimana wirausaha pemula bisa mempertahankan mentalitas ketika mereka berkembang menjadi besar,” tutur Menkop UKM

Lebih lanjut, Menkop Puspayoga menerangkan bahwa terkait mentalitas , kewirausahaan yang ditunjukkan lewat management bagaimana mempertahankan tingkat produktifitas tetap tinggi dan tentunya bagaimana menjamin tingkat kreatifitas yang kuat.

“Jadi dalam konferensi nanti, akan difokuskan untuk membahas isu-isu yang berkaitan dengan konteks ekonomi sesuai dengan strata ekonomi, yaitu factor, efficiency, innovation-driven economy. Pembicaranya dari berbagai Negara, termasukk Amerika, Italia, dan Asean,” jelasnya.

ICSB adalah lembaga nirlaba. Jumlah anggota ada 80 negara. Konsentrasi pengembangan UKM di dunia. Berkedudukan di George Washington University Amerika. Untuk Indonesia, pakar marketing kesohor Hermawan Kartajaya menjadi Presiden ICSB Indonesia dan mulai 17 Juni 2016 terpilih menjadi Presiden Asian Council fof Small Business (ACSB). (baguss/rilis/irw)

error: Content is protected !!