Pracimantoro Terdampak Banjir Parah Tahun 2020 Ini

0 189

INFOWONOGIRI.COM-PRACIMANTORO-Hujan hampir terjadi setiap hari sepanjang bulan Maret 2020 ini. Hujan dengan intensitas rendah, sedang hingga hujan deras. Namun belum disertai angin kencang. Hanya beberapa wilayah yang disertai angin kencang.

Hujan mengakibatkan banjir di beberapa kecamatan. Antara lain di kecamatan Pracimantoro. Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto mengemukakan, banjir di wilayah Pracimatoro terjadi Sabtu – Minggu (7-8/3/2020) .


Di Desa Pracimantoro saluran pembuangan air melalui luweng tidak bisa menampung kapasitas air yang masuk cekungan. Mengakibatkan genangan air di Dusun Ngulu Wetan dan Dusun Belik tergenang. Jalan Pracimantoro – Bedoyo Wonosari Jogja tergenang. Fasilitas umum Masjid, KUA dan sekolahan tergenang. Tujuh rumah permukiman warga tergenang.

Di Desa Joho saluran pembuangan air melalui luweng tersumbat dan tidak bisa menampung kapasitas air yang masuk cekungan. Mengakibatkan genangan air di Dusun Joho Kidul tergenang, “Ada 11 KK dan 28 jiwa mengungsi. PPBD telah menangani pemulihan sejak pagi sampae malam ini (Senin 9/3/2020) menggunakan 2 pompa. Sekarang berangsur surut. Tidak ada korban jiwa,” kata Kalak.

Di Desa Banara tanggal 8 Maret 2020 mengakibatkan air sungai melimpas deras. Akibatnya Jembatan di Dusun Kranding putus. Sehingga tidak bisa dilalui. Akses jalan itu salah satu penghubung antar Dusun Kranding dan Dusun Dung Temu. Sementara jembatan ditutup. Arus mobilitas kendaraan dialihkan ke jalur lain. Kerugian lebih dari Rp 200 juta.

Di Desa Petirsar terjadi penyumbatan. Dimungkinkan akibat lubang saluran pembuangan air ke Luweng tidak dapat menampung kapasitas air. Mengakibatkan air menggenang di Dusun Dompol Desa Petirsari. (baguss)

error: Content is protected !!