Longsor Setinggi 15 Meter Tutupi Jalan Desa Pucung Kismantoro

0 61

INFOWONOGIRI.COM – KISMANTORO- Akibat hujan deras tebing setinggi 15 meter longsor Selasa (3/3/2020) di wilayah Dusun Gandring Desa Pucung Kecamatan Kismantoro. Titik longsor berada di sebelah barat objek wisata Rimong Indah. 

Material menutup jalan di wilayah Rt 02 Rw 04 Dusun setempat. Warga masyarakat setempat dan Babinsa Koramil 20/Kismantoro bekerja bakti menyingkirkan material longsoran. Tujuannya agar akses jalan dapat dimanfaatkan kembali. “Material longsoran menutup akses jalur Bandulan Trolelo terganggu. Kami menghimbau warga selalu waspada”  kata Babinsa Kopda Rudi, seperti dilaporkan ke Dandim Wonogiri.  

Selain intensitas hujan deras. di sana juga minim pohon penguat. Sehingga memudahkan terjadinya longsor. 

Dusun Gandring Desa Pucung berada di perbatasan antara Kabupaten Wonogiri dengan Kabupaten Pacitan Jatim. Kontur tanah tidak rata. Tebing dan jurang di wilayah ini berpotensi besar terjadinya bencana tanah longsor apabila hujan deras. 

Foto Dok Polsek Kismantoro

Kopda Rudi melaporkan, sementara jalan belum bisa dilalui kendaraan karena material longsor belum dievakuasi seluruhnya. Karena terkendala alat. Untuk mencegah bencana tanah longsor sebaiknya direboisasi. (dimiw/baguss)

error: Content is protected !!