Belajar Membuat Pupuk Organik Dari Bahan Lokal

0 79

INFOWONOGIRI.COM-SLOGOHIMO–Salah satu cara mengatasi kesuburan tanah adalah menggunakan pupuk organic untuk bercocok tanam. Cara membuat pupuk organic tidak susah. Asal mau belajar. Bahan bakunya pun tidak mahal. Cukup dari bahan baku local. Ada di sekitar lingkungan kita.
Seperti yang dipraktekkan oleh pelajar SMAN 1 Slogohimo kerjasama dengan Koramil 22/Slogohimo. Pelajar dan tentara melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk kompos dan pembuatan MOL (Mikro Organisme Lokal), pada Jum’at (13/3/2020) di aula SMA setempat.
“Sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk kompos dari sisa dapur dan daun kering. Tanpa bahan kimia sintetis dari pabrik,” kata Danramil 22/Slogohimo Kapten Arm Yadiman melalui Babinsa Koramil 22/Slogohimo Koptu Awaludin bersama Koptu Dwi.
Diharapkan, para siswa mengerti dan mencintai pengolahan dengan sistem organic. Sehingga bisa dipraktekan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Koptu Awaludin menyebutkan, banyak keunggulan MOL. Pembuatan MOL sederhana, mudah dan murah.
Waktunya singkat. Karena menggunakan bahan-bahan yang kurang dimanfaatkan dan tersedia di sekitar, biota tanah terlindungi sehingga dapat memperbaiki kualitas tanah dan meningkatkan kuantitas dan kualitas produk hasil tanaman.
Kepala Sekolah SMA N 1 Slogohimo diwakili Waka Humas H. Sutrisno, Ketua Adiwiyata SMA N 1 Slogohimo Trilestari, Koordinator Poja Kompos Sri Untari Pujiastuti, Perwakilan siswa-siswi Adiwiyata 16 Orang, (baguss/dimiw).

error: Content is protected !!