Presiden Jokowi Tanam Porang dan Akarwangi di Wonogiri

0 1.403

INFOWONOGIRI-NASIONAL-Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Kabupaten Wonogiri, Sabtu (15/2/2020). Presiden asli Solo ini, berada di Kota Tiwul sejak pukul 09.00 s/d 11.30 WIB di Dusun Tanduran RT 06 RW III Desa Jatisari kecamatan Jatisrono Wonogiri.

Kunjungan kali ini dalam rangka penghijauan dengan sistem Agroforestry. Yaitu pengelolaan atau pemanfaat lahan pertanian yang memadukan tanaman pepohonan atau kayukayuan dengan tanaman pertanian. Tujuannya menjaga lingkungan dan meningkatkan ekonomi. 

Pantauan IW, dari Solo ke Wonogiri mengendarai jalan darat. Selama perjalanan Jokowi mampir di beberapa titik, di Nambangan Selogiri, di Ngadirojo dan di Sidoharjo, untuk menyapa masyarakat. 

Jokowi bersama ibu negara Hj. Iriana dan rombongan tiba di lokasi pukul 10. 05 Wib. Dilaporkan bahwa sistem Agroforestry adalah keinginan dari masyarakat Jatisari Wonogiri untuk mengembangkan budidaya tanaman tumpang sari sengon dengan jagung.

Jumlah bibit 82.500 bibit sengon dengan masa umur bibit 4 bulan. Pelaksanaan akan dikelola olah masing-masing kelompok tani. Ketua kelompok berperan di masing lahan milik masyarakat.

Ribuan bibit itu nantinya diharapkan bisa diandalkan dan akan menyangga Sub DAS Bengawan Solo, Sub DAS Keduang yang bermuara ke sungai Bengawan Solo. Penanganan secara holistik erosi dan  sedimentask Waduk Gajah Mungkur berbasis lahan. 

Lokasi tanam masal skema umpang sari sengon dengan jagung dinlahan luas daerah genangan 8.800 Ha, Luas daerah tangkapan air 135.000 Ha. Dengan rata rata inflow sedimen DAS keduang 1,2 juta M3/tahun (37,5%) rata rata per tahun 3,2 juta M3/thn.

Jokowi juga meninjau lokasi dan  menanaman pohon bersama warga.  Yaitu pohon vertiver (rumput akar wangi) dan tanaman porang jenis umbi umbian. Dilanjutkan dialog dengan warga.

Turut hadir Mensesneg Dr. Pratikno. Menteri LH dan Kehutanan Dr. Siti Nurbaya Bakar M. Sc. Wamen LH dan Kehutanan RI Alue Dobong. Setjen Kementerian LHK RI Bambang Hendroyono S.H M.Si. Kepala BNPB Nasional Doni Monardo. Direktur Pengelolaan dan evaluasi daerah aliran sungai dan hutan lindung Saparis, S.si, M.Si. Direktur BKSDAE Ir. Hudoyo M.Si. Para Dirjen dan Sekdirjen, Direktur pengelolaan DAS. Direktur Planologi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Kepala Dinas LH Jateng Armi Manalu. Gubernur Jateng Ir. Ganjar Pranowo bersama istri Atiqoh. Kapolda Jateng Irjen Pol Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. Pangdam IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI Mochamad Effendi, S.Sos., M.Si. dan para Asisten Kasdam, Bupati Wonogiri Joko Sutopo bersama ibu Verawati Joko  Sutopo, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, S.IK, M.H, M.Si, Dandim 0728 Wonogiri Letkol inf Imron Masyadi SE. Forkopincam Kecamatan Jatisrono. Kades Jatisari Teguh Subroto. Petugas lapangan kementerian LH dan kehutanan, tokoh masyarakat, pemuda dan pelajar dan pserta 4000 orang. (baguss)

error: Content is protected !!