Lurah & Kades Wonogiri Kota Ikuti Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

0 186

INFOWONOGIRI.COM – KOTA – Sensus Penduduk (SP) Online 2020 telah dimulai sejak 15 Pebruari sampai 31 Maret 2020.

Fakta, pada kolom Isian SPO tidak ada pilihan jenis kelamin ganda/dua kelamin. “Kolom jenis kelamin hanya ada dua pilihan. Laki – laki atau Perempuan. Tidak ada pilihan banci, Waria atau jenis kelamin ganda,” demikian disampaikan Kordinator SP Kecamatan Wonogiri Kota, Selasa (18/2/2020).

Andianto mengemukakan bahwa jenis kelamin ganda belum ada dalam undang undang yang berlaku di Indonesia. Jika di masyarakat ada orang yang berperilaku seperti Waria / Banci, dan telah berkekuatan hukum, namun tetap saja jenis kelaminya satu (1). Pria atau wanita.

Sementara itu, sebanyak 15 Kepala Kelurahan dan Kepala Desa se Kecamatan Wonogiri Kota sedang mengikuti sosialisasi dan pelatihan SPO di RM Ok Resto.

Tujuannya agar Kalur dan Kades telah menguasai SPO. Sehingga nantinya bisa membantu penduduk ketika dilaksanakan SPO maupun SPW (sensus penduduk wawancara).

Andianto Kordinator BPS Kecamatan Wonogiri Kota

SPW akan dilaksanakan mulai tanggal 1 s/d 31 Juli. Penduduk akan didatangi petugas mitra BPS (Badan Pusat Statistik). Se Kecamatan Wonogiri Kota  BPS mbutuhkan mitra 132 orang. Mereka ditugaskan di 15 Desa/Kelurahan, Beban perpetugas berkisar 200-300 jiwa. 

“Perpetugas dijatah kira kira 3-4 RT tergantung kapasitas RT-nya,” pungkas Andianto. (baguss)

error: Content is protected !!