SMA Negeri 3 Wonogiri Siap Laksanakan Perintah Gubernur

0 579

INFOWONOGIRI.COM – KOTA –  SMA Negeri 3 Wonogiri siap melaksanakan Surat Gubernur Jawa Tengah nomor 420/00022 tertanggal 2 Januari 2020 tentang Pembiayaan Penyelenggaraan Pendidikan pada satuan pendidikan SMA/SMK dan SLB Negeri Provinsi Jateng. 

Menindaklanjuti surat tersebut, Kepala Sekolah SMA Negeri 3 menerbitkan surat pemberitahuan kepada wali murid.  Isinya tentang Pemberitahuan SPP. 

Humas SMA Negeri 3 Amiko Quinami mewakili Kasek Titi Handayani menyebutkan, biaya Peran Serta Masyarakat (PSM) pembayaran mulai Juli sampai Desember 2019. Mulai Januari 2020 pembebasan biaya operasional (SPP). Bagi siswa yang telah membayar SPP Januari 2020 dan seterusnya akan dikembalikan sesuai pembayaran. 

Sekolah masih diperbolehkan untuk menarik Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). 

“Kita saling komunikasi dengan sekolah lain. Intinya biaya PSM. Kami sudah rapat dengan Komite,” kata Amiko. Kini pihaknya masih menunggu juklak dan juknis pelaksanaannya ke depan. 

Namun demikian, Amiko mengakui dengan diberlakukan SPP gratis, menjadikan ada kendala bagi sekolah. 

Mengingat Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKKS) telah dibuat sejak tahun ajaran baru Juli s/d Juni 2019. Semua kegiatan dianggarkan di RKKS.

Kendalanya tenaga TU Honorer yang telah berusia 60 th tidak bisa digaji dari dengan dana PSM. Padahal selama ini sangat bergantung dana PSM. Padahal tenaga TU itu sangat dibutuhkan. “Dia selama ini juga berperan menjadi penghubung sekolah dengan masyarakat. 

Kegiatan ekstra kurikuler, Pramuka dan olah raga selama ini juga bergantung dana PSM untuk memberi honor mereka. “Sementara kegiatan ekstra kurikuler kita liburkan. Akhirnya jalan, sambil menunggyu juknis,” pungkas Amiko. (baguss)

error: Content is protected !!