Kapolres Bertekad Membangun Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

0 91

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) digelar Senin (27/01/2020) di Aula Polres Wonogiri.

Deklarasi dibacakan Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing SIK.MH.MSI di hadapan pejabat Forkompinda Kabupaten Wonogiri. Hadir Bupati dan Wakil Bupati Joko Sutopo – Edi Santosa, Wakapolres Kompol Adi Nugroho SH.SIK, Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf. Imron Masyhadi SE, Kajari Wakil Ketua DPRD Wonogiri Krisyanto, Ketua PN Wonogiri Mohammad Istiadi S.H., M.H., Kajari Wonogiri Agus Iriawan Yustisianto S.H., M.H., Ketua FKUB Wonogiri Sutopo Broto, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan LSM di Wonogiri.

Seusai Deklarasi, kepada wartawan Tobing menyatakan Kapolres sebagai Kasatker dan sebagai pencanangan, bertekad membangun zona Integritas hususnya di centra-centra pelayanan di Polres Wonogiri. 

Misalnya pelayanan surat ijin mengemudi (SIM) di Satlantas, pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Sat Intelkam, Surat Pelaporan di SPKT (sentra pelayanan kepolisian terpadu). “Komitmen ini dilaksanakan bersama sama seluruh jajaran Polres Wonogiri,” kata Kapolres. 

Foto dok Humas Polres Wonogiri

Dalam sesi wawancara wartawan mempertanyakan pelayanan SIM di Satlantas besar godaannya. Pemohon SIM banyak yang kesulitan ujian teori dan praktek, kemudian berupaya meminta “damai” kepada petugas, bagaimana? 

Kapolres menjelaskan ada tahapan dan prosedur pembuatan SIM yang harus dilalui pemohon, sesuai undang undang dan standar operasional prosedur. Satlantas mengupayakan terobosan cothing clinik (pelatihan) uji teori dan praktik pembuatan SIM. Dilaksanakan seminggu dua kali secara gratis. “Jadwalnya pelaksanaan bisa ditanyakan ke Satlantas,” kata Kapolres. 

Di Satintelkam juga bisa dilaksanakan pembuatan SKCK pada mobil keliling. Pembuatan Surat Pelaporan juga bisa dipercepat di SPKT. Dalam pelaksanannya Kapolres akan mengawasi dan mengevaluasi kinerja jajarannya. Tujuannya agar target indeks pengawasan dapat tercapai maksimal. 

Bupati Joko Sutopo  menyampaikan, dalam mewujudkan Zona Integritas Polres Wonogiri menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2020 adalah sebuah cita-cita besar. Karena itu semua pihak harus menjalin sinergitas. Untuk mewujudkan Zona Integritas perlu kesadaran tinggi, kebersamaan dan kerjasama para pelaksana untuk merubah paradigma masyarakat terhadap pelayanan publik.

Usai deklarasi dilaksanakan Penandatanganan Fakta Integritas oleh Wakapolres Wonogiri, Kabag, Kasat Polres Wonogiri, Forkopimda Kabupaten Wonogiri, LSM dan ketua FKUB Kabupaten Wonogiri.

(baguss)

error: Content is protected !!