Empat Anggota Kodim Wonogiri Diberangkatkan ke Cendrawasih

0 920

INFOWONOGIRI.COM-KOTA – Empat personil Kodim 0728 Wonogiri ditugaskan ke Batalyon Cendrawasih di Kabupaten Mimika Provinsi Papua. 

Adalah Sertu Budi Santoso Tarigan (Babinsa Koramil 21/Slogohimo), Koptu Wanto (Babinsa 07/Tirtomoyo), Koptu Ardian (Babinsa 14/Jatisrono) dan Kopda David Eko (Koramil 10/Wuryantoro).

Komandan Kodim 0728 Wonogiri Letnan Kolonel Inf Imron Masyhadi, SE menjelaskan ke 4 anggotanya tergabung dalam Satgas Teritorial TA 2019 melaksanakan pergeseran menuju Wilayah Kodam XVII Cendrawasih.

Upacara pelepasan empat personil dilaksanakan Senin 13 Januari 2020 dipimpin Dandim pada apel pagi di lapangan Makodim 0728 Wonogiri. Dilanjutkan pelepasan Satgas Teritorial di wilayah Kodam XVII/Cendrawasih.

Dandim berpesan agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik-bajknya, “Ini tugas mulia, berangkatlah dengan penuh keyakinan bahwa kita bisa berbuat terbaik dan bisa membawa nama baik satuan kita” terang Dandim.

Dandim juga mengingatkan seluruh anggota agar ikut membantu keluarga yang ditinggal selama bertugas. Apabila keluarga membutuhkan segera lapor dan ditindaklanjuti. Karena rekan bertugas maka keluarga yang ditinggalkan menjadi tanggung jawab bersama. 

Apel diikuti oleh Kasdim 0728/Wonogiri Mayor Inf Nurul Muthahar, S.Ag., M.Pd., Para Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0728/Wonogiri serta seluruh anggota Kodim 0728/Wonogiri beserta PNS jajarannya.

Dikutip dari Wikipedia, Batalyon Infanteri 754/Eme Neme Kangasi atau Yonif 754/ENK adalah sebuah batalyon infanteri Tentara Nasional Indonesia (TNI) di bawah komando Brigade Infanteri 20/Ima Jayakeramo, Kodam XVII/Cenderawasih. Pembentukan berdasarkan Skep Kasad/59/XI/2004 tanggal 29 November 2004, ditandai dengan penyerahan Tunggul Yonif 754/ENK oleh Kasad pada 20 Desember 2004 di Mabes TNI AD.

Cek kesiapan anggota Kodim Wonogiri | Foto dok Pen Kodim Wonogiri

Markas Batalyon berkedudukan di Kabupaten Mimika. Sejarah terbentuknya Yonif 754/ENK dislokasi pasukan sebagai berikut: Mayon, Kima, Kipan A dan Kibant berkedudukan di Kuala Kencana, Kipan B bermarkas di SP 3, Kipan C berkedudukan di Mapurujaya, Kipan D berkedudukan di Pomako, dan Kipan E berkedudukan di Kaimana.

Batalyon ini dibentuk sebagai upaya meningkatkan pertahanan negara di wilayah Papua yang memiliki kondisi geografi sangat luas. Disamping pengamanan wilayah, penempatan Satuan Yonif 754/ENK yang berkedudukan di wilayah Timika memiliki nilai strategis yang tinggi dengan adanya salah satu Objek Vital Nasional, PT.Freeport Indonesia, yang menjadikan kawasan Timika sebagai daerah operasinya(bagus/d imiw).

error: Content is protected !!