Momentum Perempuan di Hari Ibu

0 75

INFOWONOGIRI.COM-KOTA- Senin ( 23 /12/19) di Halaman Makodim 0728 Wonogiri dilaksanakan Upacara Bendera Dalam Rangka PHI (Peringatan Hari Ibu) ke 91 Tahun 2019.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf. Imron Masyhadi SE dengan perwira Upacara Kanit PPA Polres Wonogiri Iptu Endang Murdiati, S.Pd, Komandan Upacara Danramil Purwantoro Kapten Hengki.

Hadir pimpinan Forkompinda Kabupaten Wonogiri. Lengkap dengan pejabat dan anggota masing masing kesatuan. 

Pada kesempatan itu dibacakan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA)  I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E., M.Si dan amanat Kapolri dibacakan oleh Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing SIK. MH.MSI 

Hari Ibu lahir dari pergerakan perempuan Indonesia diawali dengan Kongres Perempuan Pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia. Tema sentral pembahasan Kongres Perempuan adalah memperjuangkan hak perempuan dalam perkawinan, melawan perkawinan Anak, poligami dan pendidikan perempuan.

Hakekat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar yang mempunyai akses dan kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya, ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya.

Begitu juga Pengasuhan dalam keluarga, peran dan tanggung jawab laki-Iaki dan perempuan dalam pengasuhan anak tidak hanya orang tua namun perlu didukung oleh semua pihak.

Pada akhirnya memberikan keyakinan besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak dan sekaligus agen perubahan (agentof change).

Tema Peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019 ini adalah “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” yang dibangun dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang masih mengalami kekerasan, perlakuan diskriminatif, dan lain-Iain. Kondisi tersebut memerlukan berbagai strategi, Pelibatan semua unsur masyarakat sangat diperlukan. 

Diharapan, Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan yang bersinergi semua komponan masyarakat dalam meningkatkan kondusifitas dan kamtibmas. (baguss)

error: Content is protected !!