Danramil Bergelar Sarjana Hukum Islam, Tampil Khutbah Jumat

0 116

INFOWONOGIRI.COM-PRACIMANTORO-Komandan Rayon Militer (Koramil) 13/Pracimantoro kini dijabat Kapten Cba Budi Waluyo.

Budi Waluyo merupakan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) bergelar Sarjana Hukum Islam (SHI). Tentu dia banyak menguasai hukum Islam, Ilmu Fiqih.

Karena itu Budi tidak canggung ketika ditunjuk menjadi khatib sholat Jumat. Seperti di Masjid Al-Huda Dusun Wonosobo, Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro. 

Budi Waluyo mengambil tema “Keanekaragaman dari sudut pandang Islam”. Hadir Ketua Takmir Sunarto, takmir Suparno, Sek Des Wonodadi Mujiono, Babinsa Wonodadi Koptu Ahmad dan puluhan Jama’ah Jumat.

Perbedaan adalah sunnatull?h. Keragaman merupakan kenyataan yang menunjukkan kebesaran Sang Khaliq. Allah menciptakan manusia berbeda-beda satu sama lain. 

Sesuai ciri khas masing-masing. Karena itu, keterbukaan, toleransi dan menghormati pihak lain yang berbeda dengan kita merupakan aspek penting dalam Islam.

Saat ini sulit sekali menemukan suatu negara yang monolitik. Negara satu ras, satu agama atau satu ideologi saja. Ketunggalan suatu negara dalam ras, suku dan agama semakin jarang terjadi karena mobilitas penduduk yang kian meningkat. 

Perpindahan penduduk dari satu negara ke negara lain (alasan kerja profesional atau alasan pernikahan) menunjukkan kecenderungan yang kian meningkat. Ini menyebabkan keragaman semakin tak terhindarkan.

Kita sebagai umat Islam dituntun agar saling mengenal, saling menghormati antara satu dengan yang lain. Ditegaskab dalam Al-Quran agar orang beriman menghormati dan mengimani semua Nabi dan semua kitab suci asli. 

Sebagaimana firman Allah surat An-Nis? 136. Sebagai umat setiap hari menemukan berbagai perbedaan dalam kehidupan. Manusia harus pandai menyikapinya, terlebih bila dikaitkan berita dari satu pihak agar tidak mudah terprovokasi, (baguss).

error: Content is protected !!