Jumlah Anak Anak Minta Kawin Kian Melesat

0 74

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Jumlah anak anak pemohon untuk dikawinkan semakinq banyak. Bahkan melesat. Dari tahun ke tahun. 

Tahun 2018 jumlahnya mencapai 114 anak atau 57 pasang. Tahun 2019, pada semester pertama saja (Januari-Juni) telah mencapai 84 anak (42 pasang). 

Fakta tersebut disampaikan Ketua Pengadilan Agama (PA) H. Muhammad Syafi’i melalui Paniteranya Supardi. “Tahun lalu ada 57 pasangan anak anak yang memohon dispensasi perkawinan. Itu jumlahnya pemohon pria dan wanita ada 114,” kata Supardi didampingi stafnya. 

Pada tahun 2019 ini diprediksi akan semakin banyak. Pasalnya baru semester pertama saja sudah ada 42 pasang (84 anak). “Itu hasil rekan Januari sampai Juni saja. Juli sampai November belum direkap”  katanya.

Mengenai penyebabnya pihak PA belum membuat kesimpulan. 

Sugiharti SPd. selaku pemerhati anak berpendapat, faktor Pendorong makin meningkatnya jumlah dispensasi kawin karena makin banyak anak cepat tumbuh dewasa sebelum waktunya. 

Artinya anak seusia SMP dan SMA sejatinya belum waktunya pacaran. Apalagi berhubungan seks. Tapi ternyata, di jaman now, banyak anak anak sudah pacaran. 

Prosentasenya 90% dari 57 pasangan yang mengajukan dispensasi kawin, mayoritas karena kecelakaan. Mereka telah melakukan hubungan seks bebas sebelum menikah. Akibatnya hamil. Karena hamil duluan, mereka meminta dispensasi kawin. 

“Selain melanggar UU Perkawinan. Juga melanggar hukum Allah, syaria Islam,” kata Sugiarti. Disebutkan UU Perkawinan No 1 tahun 1976, mengatur batas usia perkawinan adalah 18 tahun. UU Perkawinan yang baru, nomor 16 tahun 2019 yang disahkan tanggal 15 Oktober 2019 adalah menjadi 19 tahun. (baguss)

error: Content is protected !!