Viral Kebakaran Hutan Gunung Gandul

0 72

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Sejak Jumat siang kemarin, sampai tengah malam, dunia maya dihebohkan dengan kabar terbakarnya hutan di kawasan Gunung Gandul terbakar. 

Fakta yang terjadi, berdasarkan informasi dari berbagai sumber menyebutkan, pada pukul 12.00 Wib. atau ketika waktu sholat Jumat, muncul asap tebal dari sekitar Gunung Gandul. 

Fakta berikutnya menjelang pukul 13.00 Polsek Wonogiri Kota mendapatkan laporan ada kebakaran hutan Gunung Gandul. 

Kapolsekta AKP Budiono Dh menyebutkan, kebakaran hutan di Petak 13 E luas baku 3.2 ha, Klas Hutan TBP/BATU RPH Cubluk BKPH Wonogiri KPH Surakarta yang berlokasi masuk Kelurahan Giripurwo, Kec/Kab. Wonogiri.

Saksi Sutarno (45 th) Mantri Perhutani, alamat Kerdukepik  Rt. 01 Rw 01, Giripurwo, Suyadi (43 th) alamat Joho Kidul Rt 03 Rw 03 Giriwono, Yatno, (42 th) swasta alamat Joho Kidul Rt 05 Rw 09 Giriwono.

Diperkirakan sumber api dari putung rokok, titik api di jalan aspal arah Gunung Gandul, karena angin sangat kencang dan di bawah terdapat semak kering lebat maka api cepat membesar. 

Pada pukul 15.55 Wib, petugas Perhutani dibantu anggota Polsek Wonogiri Kota, Koramil 01/Wonogiri, BPBD, MMP, Relawan dan Masyarakat Giriwono, berhasil memadamkan api dengan peralatan sabit, gepyok dan 1 unit mobil Pemadam Kebakaran. 

Adapun jenis hutan yang terbakar adalah jenis hutan Produksi dengan tanaman Sono Keling, luas lk. 2,0 Ha dengan kerugian Rp. 300.000 karena tidak ada kayu yang terbakar dan hanya semak kering. (baguss)

error: Content is protected !!