Wartawan Ini Kalah Telak Dalam Pilkades 2019

0 356

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahap III 2019 telah selesai. Secara umum Pilkades berjalan lancar. Seperti halnya Pilkades di Desa Wonokerto Kecamatan/Kabupaten Wonogiri.


Pilkades Desa Wonokerto diikuti tiga kandidat. Sriyanto (1), Heryanto (2) dan Suyanto. Heryanto yang berlatar berlakang sebagai Jurnalis (wartawan) mengalami kekalahan mutlak dalam perebutan kursi Kades di Desanya.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD)Kabupaten Wonogiri, Heryanto hanya meraih dukungan 92 suara. Sriyanto meraih dukungan 736 suara. Sedangkan Suyanto meraih 1280 suara (pemenang). Daftar Pemilih Tetap (DPT) 3649. Hadir 2137. Tidak hadir 1512. Suara rusak/tidak sah 29. Prosentase 59%.

Heryanto penantang baru. Demikian juga Sriyanto (pensiunan ASN Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri). Sedangkan Suyanto petahana. Suyanto telah dua periode menjabat Kades setempat (sejak -+ 12 tahun silam).

Bagaimana tanggapan Heryanto? “Panitia pengelenggara sudah menjalankan dengan baik. Menang dan kalah itu biasa dalam sebuah kompetisi,” kata Heryanto. Di sisi lain, menurutnya kontestasi Pilkades ini membutuhkan biaya sangat tinggi .

Tidak semua mampu menyediakan biaya Pilkades. Sehingga sosialisasi tidak bisa mampu menjangkau seluruh konstituen. Akibatnya pelaksanaan demokrasi pilkades secara murni, jujur dan adil jauh dari harapan.

“Saya salut sama BPD. Tadi malam pengurus BPD mengunjungi Calon yang kalah. Mereka mengapresiasi partisipasinya. Juga berpesan, agar tidak patah semangat dan terus berkarya untuk desanya,” pungkas Heryanto. (baguss)

error: Content is protected !!