100 Napi Cipinang Dilayar ke Rutan Wonogiri

0 189


INFOWONOGIRI.COM-NASIONAL-Sebanyak 100 orang Narapidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang Jakarta dipindahkan secara masal Kamis (5/9/18) ke Rutan II B Wonogiri Jl Jendral Sudirman Wuryorejo Wonogiri.


Para Napi diangkut dengan menggunakan tiga unit Bus Brimob lengkap dengan pengawalan ketat Kesatuan Brimob dilengkapi senjata api dan petugas Kemenbkumham RI. Anggota Polres turun dengan kekuatan penuh membantu petugas pengamanan Rutan IIB Wonogiri.


Rombongan datang sekira pukul 8.00 WIB. Pengamanan dilakukan berlapis dan steril. Keluarga Napi yang akan besuk pun ditunda. Wartawan dilarang mengabadikan momen dari jarak dekat. Jurnalis hanya diperbolehkan mengambil gambar dari luar pagar pintu halaman Rutan.


Pantuan dari jarak 25 meter, para napi tampak diturunkan dari bus secara berurutan. Posisi tangan diborgol berantai satu sama lain. Kemudian jalan berjongkok menuju pintu utama penjagaan. Selanjutnya diperiksa satu persatu.


Pukul 11.00 Wib proses pemindahan Napi CIpinang baru kelar. Tidak ada pejabat berwenang yang berkenan memberikan keterangan resmi secara langsung. Kasatreskrim Polres Wonogiri, Kasatnarkoba, Kasat Binmas, dan Kanit P3D Polres Wonogiri hadir pada kesempatan selesai.


Tim Brimob dari Cipinang dan Dirjen Lembaga Pemasyarakatan juga tidak berkenan memberikan keterangan. Kepala Rutan II B Wonogiri Urip Dharmatyoga mengatakan, jumlah Napi yang dipindahkan ke Rutan II B Wonogiri ada 100 orang. Terdiri dari Napi Kriminal Umum dan Napi Narkoba.


“Pemindahan ini kegiatan rutin saja. Pemindahan bersifat biasa dalam rangka pembinaan. Rutan Wonogiri juga belum terlalu over kapasitas. Penempatan kamar masih membutuhkan orientasi kurang lebih dua pecan. Kini jumlah penghuni Rutan Wonogiri 433 orang,” kata Karutan. (baguss)

error: Content is protected !!