Pembangunan Enam Puskesmas Disiapkan Rp.11,3 Milyar

0 84

INFOWONOGIRI.COM-BATURETNO-Enam Puskesmas di Wilayah Kabupaten Wonogiri mulai dibangun. Diharapkan selesai akhir tahun 2019 ini. Yaitu Pukesmas Baturetno 2, Giriwoyo 1, Nguntoronadi 1 dan Nguntoronadi 2, Jatiroto dan Wonogiri 2.


Pembangunan dianggarkan dari APBD Kabupaten Wonogiri Tahun 2019. Diperkirakan memakan anggaran total Rp.11.320.508.000. Pada Senin (19/8/19) dilaksanakan tasyakuran dimulainya pembangunan enam (6) di halaman UPT Puskesmas Baturetno 2 Desa Sendangrejo.

Hadir Asisten Perekonomian & Administrasi Pembangunan Bambang Haryadi mewakili Bupati, Ketua Sementara DPRD Setyo Sukarno, Forkopimda, Kepala UPT Pusksemas, Ketua DKK, Forkopincam Baturetno, Kades & PerDes Sendangrejo, Kedungombo, Setrorejo, Boto dan hadirin sekira 450 orang.

Puskesmas Baturetno 2 membawahi 4 wilayah. Yaitu Desa Sendangrejo, Kedungombo Boto dan Setrorejo. Melayani sekitar 11.000 jiwa. Sebanyak 5.000 jiwa adalah peserta JKN (jaminan kesehatan nasional).

Pagu pembangunan Puskesmas Baturetno 2 sebesar Rp.4.845.201.000. Waktu pengerjaan 120 hari kalender. Dikawal dan didampingi TP4D Kejari Wonogiri. Dari 34 Puskesmas di Wonogiri sebanyak 31 Puskesmas telah sesuai Permenkes RI tentang Puskesmas.

Masih ada 4 Puskesmas belum sesuai. Yaitu Puskesmas Eromoko, Selogiri, Girimarto, dan Kismantoro. Selain itu rencana pengembangan Puskesmas dengan Rawat Inap untuk statusnya menjadi tingkat D yaitu di Kec. Baturetno dan Purwantoro.

Setyo Sukarno mengemukakan, bahwa rencana Pembangunan Rawat Inap Baturetno menjadi RSUD tipe D agar bisa melayani masyarakat Baturetno dan sekitarnya. Puskesmas adalah ujung tombak pelayanan kesehatan di tingkat Kecamatan.

“Pembangunan Puskesmas saya nyatakan dimulai. Semoga pelaksanaan berjalan lancar,” ujar Bambang Haryadi. Dilanjutkan potong tumpeng dan peletakan batu pertama oleh Bambang Haryadi diikuti Ketua DPRD, Ketua DKK, Forkopimda dan Forkopincam. (baguss)