Nasib Surakat! Kakek Tua Merana Tanpa Istri, Anak & Warisan

0 562
Surakat (78th)

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Surakat. Usianya terbilang sudah senja, 78 tahun. Terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Nomor KTP El 3313130107410011. Terbit 4 Desember 2013. Alamat di Dusun Tulakan Rt 02 Rw 14 Desa Wonokerto Kec./Kab. Wonogiri.

Namun dia tidak memiliki rumah. Gubuk pun tidak. Dia gelandangan? Bukan! Pengemis? Bukan! Fakir miskin? Bisa ya! Bisa tidak! Kok ?

Hasil penelusuran IW, Surakat lahir di Wonogiri tanggal 1 Juli 1941. Agama Islam. Surakat adalah anak kandung Kromorejo – Mirah. Ragil dari tiga saudara. Kakak kandung, Mikem dan Sugiyo (alm).

Sugiyo dan istri mandul. Mengembara di Kalimantan. Sampai kini tak ada kabar. Mikem domisili di Tulakan. Memiliki anak Singat, Dalinem (alm), dan Dalimin. Dalinem memiliki anak Soni dan Isah. Singat memiliki anak Anton dan Kisah. Dalimin memiliki anak Anes, Asri, Nisa dan Alan.

Kembali ke Surakat. Sehari-hari hidup merana. Nomaden. Makan tak jelas. Kerjaan takpunya. Menumpan orang sekedar singgah. Saat bertemu IW Jumat malam (23/8/19) di emper warung mie ayam bakso di depan Kantor Desa Serut Sukoharjo. Tidur dan istirahat di gubuk reot bekas tempat usaha, menyerupai bengkel. Berdampingan dengan warung bakso milik Bapak Kasidi. “Tidur di sini, sama ayam. Itu ada ayamnya,” kata Nyi Kasidi.

Surakat pernah tinggal di emperan Bengkel “Pak Mentok” barat Kantor Desa Serut. Lama tidur di gubuk di tegalan. Hidup nomaden dijalani bettahun tahun. Lantaran kerabat tak peduli. “Dulu kerja di Semarang. Istri pedagang,” aku Surakat.

Surakat dan istri mandul. Disuruh pulang urus warisan orang tua. Yaitu tegalan 7000 m2 dan 1600 m2 beserta rumah keprabon. Tanah yang 7000 dijual separuh 3500 m2. Dibeli oleh Darun Heratmoko Rp.35 juta. Pembayaran diangsur selama +- 4 tahun. Tersisa 3500 m2.

Namun kini tidak dikuasainya. Menurut Surakat, SHM di kuasai Darun Heratmoko. Lalu tanah seluas 1600 m2 dan rumah dikuasai keturunan Mikem. Surakat mempertanyakan pembagian warisanya itu?

Surakat ingin kembali bersama cucu kerabatnya. Ingin perhatian agar akhir hidupnya tenang.

Darun Heratmoko mengakui. “Sudah lunas,” kata Darun. Semula status tanah Leter C. Kini telah SHM atas nama Linda, anaknya.

Sementara Mikem dan keluarga belum dikonfirmasi. Lantaran sedang hajatan mantu. Sedangkan Kadus setempat, baru saja meninggal dunia. Kades Wonoharjo Y Suparmin membenarkan Surakat adalah warganya. Dia telah mengetahui masalah keluarganya. Dia berjanji akan mempertemukan untuk mencari soluainya. (baguss)

error: Content is protected !!