Kirab Inovasi Gaplek Dari SKAIDA Wonogiri Untuk Indonesia

0 1.763

INFOWONOGIRI.COM-KOTA–Seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI 17 Agustus dengan bermacam cara. Selain perlombaan, yang menarik adalah acara karnaval kemerdekaan. Karnaval identik dengan pawai kostum hingga pertunjukkan budaya. Sering ditampilkan kostum unik, lucu dan memberi hiburan tersendiri bagi yang menyaksikan.


Nah, ada hal yang berbeda dengan SMK Islam Terpadu Al-Huda Wonogiri (SKAIDA Wonogiri). Karnaval kali ini mengangkat tema ‘Inovasi GAPLEK For Indonesia’. Hal ini dilatarbelakangi upaya memunculkan Ekonomi Kreatif siswa SKAIDA Wonogiri serta memaksimalkan sumber daya lokal ada di Wonogiri.

Karena Wonogiri juga terkenal sebagai Kota Gaplek. Di bawah bimbingan Ustadz Khomarudin Ahmad, SE,Sy.ME.My siswa-siswi SKAIDA Wonogiri berinovasi membuat aneka makanan berbahan dasar Gaplek sekaligus aplikasi mapel Kewirausahaan di SMK.

Adapun produk yang disuguhkan saat Karnaval SKAIDA Wonogiri adalah Bronies Thiwul, Bolu Thiwul, Ampyang Thiwul, Singkong Coklat, Balung Kethek, Opak Sehat, dan Tumpeng Thiwul.

Dari titik start Lapangan Sukorejo Wonogiri anak-anak SMK IT membawa makanan inovasinya. Dari pintu start meja Panitia Karnaval siswa memberikan sampel produknya. Lalu sambil berjalan sembari menghampiri penonton untuk mencicipi hasil inovasinya.

Selain itu, saat karnaval SKAIDA Wonogiri juga mempersembahkan Kreasi Music BeatBox sembari berjalan yang diikuti Koreo Semaphore, barisan Religius, barisan Pahlawan, barisan siswa Berprestasi, dsb.

Sambutan panita dan penonton tampak sama sama apresiatif. Terlebih panitia dan penonton sama sama mendapatkan kesempatan incip-incip makanan yang dikirab para pelajar ini. Ayo lur…Wonogiri sukses dengan makanan olahan gaplek. (abuzahir-rediw)

error: Content is protected !!