Joko Lelur Empat Periode Menjadi Jongos Rakyat

0 380
Joko Lelur dan istrinya saling bahu membahu menjadi pelayan masyarakat

INFOWONOGIRI.COM-NGADIROJO-Anggota DPRD II Wonogiri masa bakti 2019-2024 dilantik Kamis (15/8/19) di Gedung DPRD II Wonogiri. Pelatikan berselang dua hari setelah Anggota DPRD II Wonogiri periode 2014-2019 berakhir Selasa (13/8/19).


Ada wajah baru ada wajah lama. Satu dari 50 wakil rakyat terlantik adalah Agung Sungkono Joko Prayitno alias Joko Lelur. Lahir di Wonogiri 28 Desember 1967. Domisili di Manggis Rt 01 Rw 11 Desa Ngadirojo Kidul Kecamatan Ngadirojo.

Mengklaim Tidak Pernah Money Politik

Lelur mencalonkan melalui PDI-Perjuangan dapil Wonogiri 2 (Ngadirojo, Sidoharjo, Girimarto, Jatipurno, dan Nguntoronadi). Hasilnya, Joko meraih suara terbanyak dari 50 wakil rakyat terlantik. Yaitu 15.356 suara.
Perolehan suara terbanyak kali ini, adalah prestasi yang diukir sejak menjadi wakil rakyat tahun 2004. Pada pemilu 2014 meraih 13.241 suara. Sebelumnya 2009 dan 2004 juga meraih suara terbanyak. Hanya saja system perhitunganya berbeda dengan saat ini.

Singkatnya “Cah Abang” naik panggung politik sejak 1998. Dimulai dengan mendirikan Satgas Brojo Pati (Banteng Ngadirojo Pasukan Megawati). Lantaran ada titik jenuh politik orde baru. Selain itu, di Kecamatan Ngadirojo belum terbentuk pengurus.

Pada tahun 2000 baru terbentuk pengurus PAC Kecamatan Ngadirojo. Sejak saat itu Brojo Pati ditinggalkan komunitasnya. Karena sebagian anggota menjadi pengurus structural. Kini Brojo Pati menjadi bagian dari sejarah masa lalu.

Pemilu 1999, Lelur tidak mencalonkan wakil rakyat. Dia memilih menjadi pendukung MH. Zaenudin Caleg PDI-P Kecamatan Ngadirojo. Pemilu 2004 Lelur nyalon, dengan nomor urut 3. Dia meraih suara terbanyak. Saat itu sistem perhitungan proporsional terbuka.

Pada Pemilu 2009 Lelur nyalon dengan nomor urut 5. Juga meraih suara terbanyak. Sistem perhitungan proporsional terbuka. Pemilu 2014 dan 2019 Lelur ditempatkan pada nomor urut 1 kembali terpilih.

Penentuan kursi dewan Pemilu 2014 dan 2019 berdasarkan perolehan masing masing caleg. Pemilu 2014 system bilangan pembagi pemilih (BPP). Pemilu 2019 system sainte lague. Faktanya Lelur tetap meraih suara terbanyak.

Apa trik politik Lelur meraih suara rakyat?. Dunia politik tidak pernah direncananya. Wakil rakyat bukan cita citanya. Latar belakang SDM dan skil dan pendidikan tidak dipersiapkan. “Politik itu tidak bisa dipaksakan. Konsep hidup saya mengalir saja,” kata Lelur.

Politik itu kepercayaan. Karena itu, Lelur mengklaim tidak pernah berdesak-desakan mencari simpati pemilih. “Tidak pernah money politik. Soal masa lalu dibiarkan berlalu. Menurutnya Allah akan memudahkan segala urusan bagi yang diridhoinya.

Seperti rumus Kohesi Adhesi. Molekul yang tidak bertolak belakang. Politik itu sederhana. Bagaimana membawa diri dan menempatkan diri. Penonton lebih jeli. Masyarakat memantau. “Saya yakin segala yang terjadi di bumi ini tidak ada yang kebetulan. Kemampuan akal manusia hanya tertentu,” katanya.

Dalam berorganisasi, Lelur memilih normative sesuai jenjang kepengurusan. Sehingga menjadikan diri Lelur enjoy tampa beban. Ada atasan bawahan. Keputusannya organisasi kolektif kolegial. Ketika seseorang nafsunya berlebihan maka akan mudah terjatuh.
Hidup itu tidak tiba-tiba enak. Ada proses usaha dan doa. Agar bisa bersekolah, Lelur kecil harus ngenger (kerja tampa gaji standar pada orang tua asuh). Karena itu, bukan bangga dengan 28 kursi PDI-P. Tetapi justru harus berhati-hati menjaga amanah rakyat. “Wakil rakyat itu jongos,” katanya.
Joko Lelur adalah Ketua PAC Ngadirojo. Istri Sri Rejeki (39 th) asal Purwosari Wonogiri. Dua anak Fitria Salsabila (10th), Aulia Zakiah Ulfa (4,5th). Nama orang tua Sukman (mandor jalan/ margotopo) – Suyatni (ibu rumah tangga). Anak ke 2 dari 10 bersaudara. (baguss)katanya.


Joko Lelur adalah Ketua PAC Ngadirojo. Istri Sri Rejeki (39 th) asal Purwosari Wonogiri. Dua anak Fitria Salsabila (10th), Aulia Zakiah Ulfa (4,5th). Nama orang tua Sukman (mandor jalan/ margotopo) – Suyatni (ibu rumah tangga). Anak ke 2 dari 10 bersaudara. (baguss)