Suara Nasdem Meningkat Tapi Jumlah Kursi Menurun

0 125

INFOWONOGIRI.COM-NGADIROJO-Perolehan suara Partai NasDem pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di Provinsi Jawa Tengah mengalami kenaikan. Namun perolehan kursi justru mengalami penurunan.

Hasil Pileg 2014 lalu, Partai Nasdem mendapatkan empat (4) wakil rakyat di DPRD I Jateng dengan jumlah suara 800 ribu-an. Hasil Pileg 2019 ini berkurang satu kursi menjadi tiga (3) kursi, dengan jumlah suara 1 jutaan.

“Ketiga kursi itu dari Dapil Jateng 3, 5, dan 11,” kata Ketua DPW NasDem Jateng Setyo Maharso, Ahad (28/7/19) di RM Gebyok Ngadirojo. Sedangkan jumlah kursi DPRD II Kab./Kota se Jateng, saat ini Nasdem memiliki 79 Kursi. Empat Kabupaten/Kota kosong

Menurut Setyo, salah satu faktor penyebab menurunya jumlah kursi, karena pengurus dan kader Partai NasDem tidak mampu mengamankan suara di setiap TPS. Kita minim saksi yang bisa mengamankan suara.

Untuk itu, lanjut Setyo, dalam rangka menyambut Pileg mendatang, NasDem harus menyiapkan saksi dan Caleg sejak awal. Usahakan H-3 s/d H-2 tahun sebelum Pileg. “Kita harus tahu calon saksi dan Caleg yang kita siapkan dua tahun sebelum Pileg,” tambah Setyo pada Rapat Kordinasi Pra Munas 2019, Pengukuhan Garda Pemuda dan Garnita DPD Nasdem Kabupaten Wonogiri.

Sementara itu Ketua DPC Jatiroto dan Ngadirojo memberikan masukan. Intinya pengurus di DPD dan DPP harus aktif komunikatif dan kordinatif. Pengurus harus memberdayakan masyarakat, kader dan pengurus di tingkat akar rumput. (baguss)