PAN Akan Survey Kandidat Bupati-Wakil Bupati

0 258
pengurus DPD PAN dan DPC PKB rapat kordinasi pembentukan Fraksi gabungan. Hadir pengurus PAN Sunarmin, Abd. Karim, Sardi. PKB Witanto, Muklas, dan Sumarwoto Umar

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Wonogiri akan melakukan survey untuk menjaring kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri periode 2020-2025. Survey akan dilakukan dalam internal dan ekternal PAN.


Ketua DPD PAN Wonogiri Sunarmin mengatakan, rencana survey akan dilaksanakan tiga tahap. Dimulai September 2019 sampai Agustus 2020. Survey akan dilaksanakan oleh tim, gabungan dari lembaga survey independen dan internal partai dan organisasi bentukan partai.

Obyek yang disurvey antara lain tokoh politik, agama, akademisi, professional dan masyarakat umum. “Tujuanyan untuk mengetahui siapa figur atau tokoh yang dikehendaki masyarakat memimpin Wonogiri, ke depan. Tokoh yang elektoralnya paling bagus adalah yang berpeluang dicalonkan,” kata Wakil Ketua DPRD II Wonogiri ini, Selasa malam (2/7/19) di Kantor DPRD Wonogiri.

Sunarmin menyadari bawha DPD PAN mempunyai kelemahan. Untuk itu, pihaknya akan merangkul partai lain untuk berkoalisi. Dia berharap partai lain berkenan menyusun kekuatan baru. Antara lain partai yang memiliki wakil di parlemen, yaitu PKS, Gerindra, dan PKB. Selain itu akan mengajak partai non parlamen. Yaitu PPP, Partai Demokrat, Nasdem, PBB, Perindro dll.

“PAN lemah. PAN belum bisa memainkan arah bola. Berbeda dengan PDI-P yang saat ini menjadi singgle mayority. PDI-P bisa melakukan apa saja yang ia mau,” katanya. Setelah survey, lalu digodok. Baru PAN menentukan sikap. Tentu bersama parpol mitra koalisi.

Berdasarkan hitungan awal, PAN memiliki 3 kursi. PKS 4 kursi. Gerindra 4 kursi, Golkar 8 kursi. PKB 3 kursi. Jika dijumlahkan sama dengan 22 kursi. Maka telah memenuhi syarat minimal 10 kursi untuk bisa mendaftarkan sebagai peserta Pilkada 2020. (baguss)