Caleg Demokrat Tuduh Partai Lain Gelembungkan Suara

0 214
Komisioner Bawaslu Kabupaten Wonogiri jumpa pers Selasa (9/7/19)| Foto baguss

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Demokrat (PD) Dapil 6 DPRD I Jateng, Tety Indarti mengklaim telah kehilangan suara di Kabupaten Wonogiri sebanyak 8.590 pemilih. Akibatnya dia gagal meraih kursi wakil rakyat pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 lalu.


Dia mengklaim sesuai perhitungan surat suara seharus memperoleh suara sebanyak 81.865 suara. Asumsinya jika data sesuai perhitungannya, maka dia menduduki rangking ke 10 di Dapil 6 Jateng. Meliputi Kabupaten Wonogiri, Karanganyar dan Sragen. Maka berhak mendapatkan satu kursi.

Dalam rangka membela nasib karir politiknya, Tety Indarti telah mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sesuai rangkuman PHPU Mahkamah Konstitusi RI yang disampaikan Bawaslu Kabupaten Wonogiri kepada wartawan disebutkan, Tety mengajukan permohonan pada 23 Mei 2019, dan telah dilakukan perbaikan permohonan pada 31 Mei 2019.

“Isi permohonannya, bahwa telah terjadi pelanggaran administrasi pencurian dan penggelembungan hasil suara yang terjadi pada Pileg 17 April 2019 DPRD Provinsi di Dapil 6 Jateng,” kata Ketua Bawaslu Wonogiri Ali Mahbu, Selasa (9/7/19) di kantornya.

Bahkan, lanjut Ali, dalam berkas revisi permohonan, Tety Indarti mengklaim kehilangan suara sebanyak 15.328 pemilih. Tersebar di Kabupaten Wonogiri dan Sragen. Di Kabupaten Wonogiri tersebar di 7 Kecamatan, yaitu Wuryantoro, Nguntoronadi, Karangtengah, Purwantoro, Jatipurno, Eromoko dan Kismantoro.

Disebutkan, dugaan penggelembungan suara dilakukan oleh PDI-P (4.780 suara), PKB (810), Golkar (1.560), dan PAN (1440). Perolehan versi termohon (KPU Wonogiri, Provinsi, KPU RI) Tety Indarti memperolehan 66.537(belum memenuhi standar satu kursi, sisa suara). Permohonan sengketa ini akan dijawab pada sidang di MK sekira dua pekan setelah revisi permohonan diterima.

Dalam rangka menyiapkan dan menjawab gugatan itu, KPU Wonogiri, Provinsi dan KPU RI telah menyiapkan formulir DA1,DB1. Pada Senin (8/7/19) kemarin KPU membuka kotak suara di 25 Kecamatan, dalam rangka menyiapkan formulir asli C5 yang berisi berita acara hasil pemungutan surat suara di 3319 TPS se Kabupaten Wonogiri. (baguss)

error: Content is protected !!