Agus Harimurti Potensi Wonogiri Itu Batu

0 249
Pengolahan batu di purwantoro | Foto Bagus

INFOWONOGIRI.COM-PURWANTORO-Namanya Agus Harimurti. Teman-teman banyak memanggilnya Agus. Pria ini berusia 39 tahun. Domisili di Kota Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri. Sehari-hari waktunya banyak digunakan untuk keluarga dan bekerja.

Pada Kamis malam (18/7/19) lalu, INFOWONOGIRI berkesempatan ”ngobrol” bersamanya. Pekerjaan yang digeluti adalah usaha pengolahan batu. Agus bekerja di bidang usaha pengolahan batu.

Seperti diketahui, salah satu kekayaan alam Kabupaten Wonogiri adalah batu. Ya batu. Ada batu di kali, di gunung, di lembah, di bukit, di tebing, dan di tempat tempat lain. Namun Agus tidak menambang atau menggali sendiri bebatua itu.

Lalu dari mana dia? “Saya disuplay dari orang lain, yang menambang batu (dia sebutkan beberapa nama),” kata Agus yang tampak lelah karena perjalanan dari luar kota di Jawa Timur. Karena memang, sedang ada perkerjaan pembangunan Bendungan Sawo di Jawa Timur.

Agus Harimurti (istimewa)

Agus mengatakan pekerjaan usahany belum lama beroperasi. Baru mulai 4 Juli 2019 lalu. Sebelumnya lebih lama bekerja di luar Jawa Tengah. Yaitu di Banyuwangi, Lumajang dan Probolonggo Jatim dan Bandung Jabar. Bidang usahanya hampir sama. Tidak jauh dari batu, untuk memenuhi bahan baku proyek infrastruktur.

Sebenarnya, tempat usaha yang sekarang dikelola itu, bukan milik pribadinya. Melainkan milik orang lain, warga Kabupaten Magetan Jawa Timur. Karena tidak beroprasi (mangkrak) dalam waktu lama, maka dimanfaatkan.

Pengolahan batu di purwantoro | Foto Bagus

Soal perijinan sudah lengkap. Tinggal mancal. Soal hasil, disepakati bagi hasil dengan system prosentase. “Kalau ada yang lebih dekat dan bermanfaat kenapa tidak,” katanya. (baguss)

error: Content is protected !!