Meski Sudah Berlatih PPDB OL, Calon Siswa Tetap Dipandu

0 121

INFOWONOGIRI.COM-PURWANTORO-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Negeri dilakukan secara on line (OL) hampir serentak di seluruh Indonesia.

Pantauan IW, di SMA N 1 Purwantoro, Kamis (13/6/19) ada ratusan calon peserta mengantri pelatihan PPDB OL di halaman ruang Lab sekolah ini. Mereka adalah siswa/i SMP/MTs sederajat.

Joni Purwanto selaku Wakasek Kesiswaan sekaligus Ketua Panitia PPDB OL dan Akhirul Fathoni selaku Operator menjelaskan, pelatihan PPDB OL telah dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu (12-13/6/19). Latihan meliputi pembuatan akun dan mengisi kolom pendaftaran OL.

Saat latihan, prosedurnya sama pada saat pendaftaran yang sesungguhnya. Langkah pertama verifikasi berkas dan pengajuan akun. Memasukan nomor ujian nasional, alamat rumah sesuai KK,
Mengisi nomor NIK. Foto tidak diperlukan secara OL. Tetapi siswa menyiapkan foto dari rumah.

“Rata-rata calon siswa tidak paham, nanti waktu pendaftaran masih kita dampingi,” kata Fathoni. Waktu pengisian kolom-kolom pendaftaran membutuhkan waktu sekira 10-15 menit.

Selanjutnya, setelah terisi lengkap kolomnya, maka formulir OL dicetak akunnya. Tahap berkutnya penfaftaran dilakukan oleh anak sendiri, dengan terlebih dahulu mengaktifkan akunya. Di akun ada tokennya diaktifasi sendiri, baru lakukan pendaftaran sekolah yang dituju.

Kalau sudah sesuai zonasi maka pilihan sekolah hanya ada satu saja. Kalau tidak sesuai zonasi, peserta bisa memakai jalur prestasi. Syaratnya dengan nilai UN dan prestasi olahraga seni dan budaya.

Calon siswa yang berprestasi bisa daftar sekolah se Jateng tampa menggunakan standar nilai UN. Jika tidak punya prestasi bisa daftar tingkat provinsi dengan nilai UN.

Bagi siswa berprestasi nasional juara satu bisa langsung diterima tampa tes. Prestasi tingkat provinsi juara satu mendapat skor nilai 3. Juara Kabupaten skor 2,25.

Bagi yang memiliki prestasi juga bisa mendaftar dengan dua pilihan sekolah. Misalnya daftar di SMAN 1 Purwantoro dengan sekolah lain yang dianggap favorite.

Pendaftaran baru dimulai tanggal 24-28/6 dengan melakukan verifikasi berkas dan pembuatan akun. Pendaftaran secara OL sesungguhnya dimulai tanggal 1-5 Juli. Pengumumaan tanggal 9 Juli 2019. Daftar ulang 10-11 juli. Hari pertama masuk tgl 15 Juli 2019. (baguss)

error: Content is protected !!