Kuliner Sego Kuning dan Pecel Gendar Diburu Pemudik

0 159

Mbah Rus diantara para pembelinya | Foto Pras

INFOWONOGIRI.COM-GIRITONTRO-Apa sih yang bikin kangen pemudik? Mo tahu? Lebaran ketiga (H+3) para pemudik ternyata berburu kuliner yang jarang ada rantau, dan lama tidak menikmatinya.

Ini diantaranya. Kuliner yang hanya ada di waktu hari pasaran. Karena di pasar Giritontro hanya buka di pasaran Pon dan Kliwon ini. Seorang penjual nasi kuning ini sejak pagi hingga siang hari diantri pembeli.

Mbah Rus (68) begitu panggilannya. Dia sibuk meladeni pembeli yang memesan nasi kuning dan pecel gendar. Saking banyaknya pembeli, mbah Rus dibantu cucunya, Yuni (39).

Menu kuliner ini sebenarnya sangat sederhana. Yaitu nasi kuning terdiri dari nasi + sayur pepaya warna kuning + telor bulat + tahu tempe. Sebungkus harga Rp. 8 ribu.

Sedangkan pecel gendar terdiri dari gendar + pecel Rp Rp.4 ribu. Jika ditambah bongko (terbuat dari parutan kelapa dan kacang tholo yang dilembutkan) Rp.1.000/bungkus.

Yang menambah nikmat adalah semua makanan tadi dibungkus dengan daun jati. Mbah Rus, meski tergolong sudah lanjut usia, namun tetap terlihat cekatan dan mahir melayani para pembeli.

Pembeli rela antri di pasar Giritontro

Agus (45) salah satu pembeli, mengatakan bahwa ia sudah lama tidak jajan makanan has Giritontro ini sejak SD. “Baru sempat mudik, kali ini mencoba lagi, rasanya gurih dan nikmat,” katanya.

Bagi anda yang Mudik ke Wilayah Giritontro bisa menikmati kuliner murah meriah tapi tetap mengenyangkan ini di pasar Giritontro dan hanya buka di hari Pasaran Pon dan Kliwon saja. (Prass)

error: Content is protected !!