Uji Nyali Pramuka Di Tebing Pantai Nampu Wonogiri

0 71

INFOWONOGIRI.COM-PARANGGUPITO-Guna meningkatkan wawasan dan ketrampilan generasi muda, Kodim 0728/Wonogiri secara berkelanjutan memberikan pembinaan Pramuka.

Pramuka Penggalang Kontingen Jambore Daerah Kwarcab Wonogiri dengan kegiatan pemusatan latihan tahap ke-II Jambore Daerah XV Jawa Tengah. Diikuti 32 peserta dari perwakilan Kwartir Ranting se-Kabupaten Wonogiri yang berhasil dalam seleksi calon peserta Jambore Daerah XV Kwartir Daerah Jateng tahun 2019.

Kegiatan dipandu para pembina antara lain Kak Muhammad Wakit, Kak Sugiyarto, Kak Catur Masroni, Kak Rahayu, Kak Titik, Kak Mufidah serta Anggota DKC.

Selama 4 (empat) hari dari tanggal 1 s/d 4 Mei 2019. Pembekalan kegiatan pemusatan latihan di lokasi komplek Pantai Nampu, Kecamatan Paranggupito Wonogiri, Jumat (3/5/19).

Kegiatan hari ke-1, diawali Upacara Pembukaan dan penutupan Latihan Pasukan Penggalang serta Forum Penggalang. Hari Ke-2 materi Pasang dan Bongkar tenda dengan Instruktur Kak Muhammad Wakit, Andalan Cabang Wonogiri.

Kegiatan selanjutnya Turun tebing dengan Instruktur Kak Serma Gatot Hariyanto anggota Kodim 0728/Wonogiri, Andalan Cabang Urusan Saka Kwarcab Wonogiri. Hari ke-3 materi yang dilakukan yaitu Exploring tour ke Industri Pembuatan gula kelapa.

Pinsaka Wira Kartika tingkat cabang Wonogiri Kak Serma Gatot Hariyanto menyampaikan bahwa kegiatan saat ini selain untuk hidup mandiri dihadapkan dengan medan juga mengenal secara baik warga di sekitarnya, paparnya

Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh S.Sos. MH. melalui Kordinator Umum Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Agus Priyanto menambahkan pramuka harus memiliki rasa kemandirian dan memiliki karakter seorang pemimpin yang berwawasan kebangsaan dan bela negara.

“Saya mengajak pramuka Penggalang terus biar menjadi pelopor dan teladan masyarakat. Jadilah Pramuka yang berada di depan dalam profesi yang kalian miliki, karena dengan itu secara langsung kalian telah mengangkat derajat kebanggaan generasi muda untuk menjadi pramuka,” pesannya. (dimiw)